Manurung United

manurung sipolin-polin

Manurung United menyapa dunia : Horas!

Posted by m4nurung pada 23Desember , 2007

Horas ma di hita sude pangisi ni portibi on

Salam damai untuk seluruh penduduk bumi

MANURUNG United adalah versi moderen dari tagline yang sudah berurat berakar selama berabad-abad : Manurung sipolin-polin. Manurung satu warna, itulah terjemahan bebas istilah bahasa Batak kuno ini. Sebuah wasiat suci yang diwariskan turun-temurun, agar setiap marga Manurung menjaga kesatuan dan solidaritas Manurung untuk selamanya.

Manurung sipolin-polin adalah buah kearifan para leluhur Manurung yang memiliki visi futuristik, bahwa setelah mereka berlalu ada kemungkinan keturunannya mengalami perpecahan. Potensi ke arah itu memang ada berhubung Raja Manurung memiliki tiga anak : Hutagurgur, Hutagaol, Manoroni. Namun berkat adanya wasiat suci tadi, sampai detik ini Manurung masih satu.

Kalau dibandingkan dengan perpecahan di banyak marga yang umumnya disusul dengan “proklamasi” marga baru, keutuhan Manurung hingga detik ini merupakan prestasi yang menarik untuk dikaji. Manurung adalah salah satu marga tertua, merupakan generasi keenam dari leluhur etnis Batak yaitu Raja Batak. Kalau dicermati silsilah marga-marga lain, sebagian besar sudah pecah pada generasi keempat. Tak sedikit di antara sub-sub marga kemudian pecah lagi, membentuk sub-sub marga baru yang nantinya bakal pecah lagi berkali-kali.

Tidak ada maksud menepuk dada atau menyombong dengan mengemukakan fakta ini. Bangga memang ya, karena leluhur Manurung ternyata sangat arif dan futuristik. Hanya dengan sebuah tagline atau semboyan yang sederhana, mereka berhasil mengikat keturunannya–puluhan generasi kemudian–untuk tetap mengibarkan satu bendera : Manurung United.

MESKI belum tersedia data statistik yang valid, bisa dikatakan, Manurung adalah salah satu marga terbesar di antara sekitar 400 marga Batak. Di Tapanuli, marga ini memiliki “home base” yang lumayan luas, terentang dari Parapat sampai Porsea, mencakup hampir setengah luas wilayah Kabupaten Toba Samosir. Sedangkan di perantauan, hampir di semua kota di Indonesia ada marga Manurung. Mayoritas bermukim di Jakarta, Bogor, Tangerang. Depok dan Bekasi.

Baik di kampung halaman maupun di perantauan, Manurung punya reputasi bagus sebagai marga yang cinta damai. Kaum prianya rata-rata berperangai tenang, kuat pengendalian diri dan lebih suka menyelesaikan perselisihan dengan berunding atau diplomasi. Mungkin karena karakternya itulah, sedikit sekali marga Manurung yang menjadi anggota TNI, Polri atau preman.

Ada juga faktor lain yang membuat kaum pria Manurung cenderung mengekang diri dan kurang garang dalam interaksi sosial sesama orang Batak, yaitu lantaran banyak betul marga yang memanggilnya Tulang (paman dari garis ibu) , karena ibunya, neneknya atau leluhurnya beberapa generasi ke atas adalah boru Manurung (perempuan bermarga Manurung). Kedudukan Tulang sangat terhormat di dalam masyarakat Batak, maka yang bersangkutan “terpaksa” menjaga sikap dan perbuatan agar sesuai dengan kedudukan itu.

Salah satu marga yang lahir dari rahim boru Manurung adalah Tambunan. Leluhur marga ini bahkan terlahir di kampung halaman Manurung di daerah Sibisa. Fakta historis ini sudah menjelaskan dengan sendirinya, Manurung memang baik hati dan mengayomi bere atau keponakannya. Hal inilah yang membuat para sepupu Tambunan yang tergabung dalam rumpun marga Silahi Sabungan ikut menghormati Manurung sebagai Tulang.

Fakta tersebut di atas, betapa banyak marga yang menghormati Manurung sebagai Tulang, sebenarnya merupakan anomali atau kenyataan yang ganjil. Kenapa? Karena bertolak belakang dengan sifat umum kaum prianya, kaum perempuan (boru) Manurung justru terkenal agresif, garang, nekad dan independen. Selain itu, jarang sekali boru Manurung berwajah cantik, tapi ternyata malah laris manis dan menjadi ibu yang melahirkan banyak marga di kalangan etnis Batak.

Kenapa bisa begitu ? Ternyata di balik sikapnya yang pemberang, garang dan pembangkang (plus cerewet juga), boru Manurung selalu berbakti secara total demi meningkatkan kesejahteraan dan mengangkat harkat serta martabat keluarga suaminya. Mereka dikenal pekerja keras, ulet dan tidak jaim, sehingga pekerjaan kasar pun dilakoni. Kalau martabat keluarga suaminya direndahkan orang lain, dia akan maju paling depan melabrak pelakunya.

Fakta yang kontradiktif inilah yang melambungkan reputasi boru Manurung, sehingga banyak marga yang mendambakannya menjadi menantu. Dan itu pula salah satu faktor yang membuat marga lain menaruh hormat pada Manurung.

Inilah sekilas salam perkenalan dari marga Manurung untuk warga dunia. Sebuah ikhtiar kecil untuk mendorong dan mewadahi komunikasi positif di kalangan halak hita, untuk selanjutnya disumbangkan demi memperkuat keindonesiaan kita.

Horas!

Bob Manurung

197 Tanggapan to “Manurung United menyapa dunia : Horas!”

  1. S.L. Manurung berkata

    Ok. saya setuju, Manurung Sipolin-polin adalah alat pemersatu dan perekat bagi ketiga Manurung bersaudara, tetapi saya lebih setuju banget apabila daya perekat itu diperkuat dengan memperkatakan utuh Poda Raja Toga Manurung (Portam): Manurung Sipolin-polin Sisada Anak Sisada Boru, dan pada waktu bersalaman sesama Manurung diikuti dengan kata-kata Manurung sipolin-polin sisada anak sisada boru.

    Untuk mendukung Portam ini kokoh teguh dari generasi ke generasi orang tua sekarang harus meyampaikan Portam ini kepada generasi berikutnya seperti marga Tambun/Tambunan yang menyampaikan tona nenek moyangnya kepada keturunannya, dimana dan kapan kau berjumpa dengan marga Manurung beri hormat dengan memanggilnya Tulang. Ternyata tona itu kokoh hingga sekarang, dan bila anak muda (besar kecil)Tambun/Tambunan bertemu dengan marga Manurung pasti dia berkata tulangku do Manurung. Hebat bukan.

    Agar orang tua Manurung dapat meyampaikan Portam dengan baik dan jelas kepada putra-putrinya perlu disampaikan telaah harfiah: polin, sipolin-polin, sisada anak sisada boru.

    Saya mencoba menambahkan sedikit makna polin: Manuk mira polin, ayam jantan yang unik, gagah tiada tandingannya dan suara kokoknya merambat jauh menembus ruang. Sebutir Boras/beras yang polin berasal dari sebutir padi yang kulitnya sudah terlepas. Sebutir beras yang polin adalah beras utuh, tampa cacat, besar dibandingkan dengan butiran lain dan bening. Ingat padi yang digiling di penggilingan,atau ditumbuk di lesung, butiran-butiran yang tidak utuh/pecah jauh lebih banyak dari yang butiran utuh. Dengan demikian diharapkan pembaca dapat menyimak makna sipolin-polin.

    Manurung sisada anak sisada boru. Anak (putra) dan boru (putri)satu keluarga Manurung adalah putra dan putri dari keluarga Manurung sedunia, dimanapun ia berada. Sekalipun putra dan putri tidak lagi mempunyai ayah dan ibu mereka tidak merasa yatim piatu karena dimanapun mereka berada disitu ada orang tuanya, dan orang tua itu wajib mengaku mereka adalah putra dan putrinya dan memperlakukan mereka seperti anak sendiri. Dan terakhir, sampai kapan pun Manurung sipolin-polin sisada anak sisada boru tidak diperbolehkan sesama marga Manurung marhula-hula marboru.

  2. m4nurung berkata

    Horas,Manurung si polin-polin sisada anak sisada boru.

    Berikutnya tinggal masalah teknis bukan ? Aku Manurung Hutagurgur dari Porsea, apakah harus panggil abang atau poang ?

    Terima kasih untuk penjelasannya yang sangat lengkap dan gamblang.Sekalian pula dengan ini aku minta dukungan, kritik dan saran agar blog ini bermanfaat buat kita semua, terutama buat marga Manurung sedunia. Tujuanku membuat blog ini tidaklah muluk-muluk, yang terutama adalah menjadi media komunikasi bagi marga Manurung dimanapun berada, sekaligus sebagai media interaksi dengan masyarakat Batak pada umumnya dan warga Indonesia secara keseluruhan.

    Ada dua masalah aktual dan krusial yang perlu mendapat perhatian Bangso Batak sekarang juga, yaitu kerusakan lingkungan di Bona Pasogit dan menipisnya kebanggaan sebagai orang Batak pada halak hita di perantauan. Pada anak-anak Batak yang lahir di perantauan keadaannya lebih memprihatinkan : umumnya tidak bisa lagi berbahasa batak dan jika memperkenalkan diri pada teman-temannya dari suku lain dia malu menyebut dirinya Batak (biasanya bilangnya orang Medan).

    Aku harap ada yang mau menyumbang tulisan mengenai belajar bahasa batak yang mudah dan menyenangkan. Jangan-jangan sudah ada pula yang menyelenggarakan kursus bahasa Batak ?

    Pokoknya, segala macam kegiatan kursus, pelatihan, sanggar dan bentuk kegiatan lainnya yang bertujuan meningkatkan penguasaan dan apresiasi terhadap seni budaya Batak, akan aku publikasikan di blog ini.

    Mauliate

    Horas

  3. Rudi Manurung berkata

    Saya sangat setuju dengan apa yang abang/bapauda tulis itu. Saya kebetulan Manurung Simanoroni, apa yang abang katakan itu adalah fakta yang harus tetap kita pegang teguh, bahwasanya Manurung adalah si sada anak si sada boru. Karena cintanya/sayangnya Manurung terhadap boru maka punguan yang saat ini makin mempererat kita Manurung adalah PATAMBOR, bukan hanya Toga Manurung saja, tapi juga ikut Boru. Saya yakin semakin ke depan akan semakin bertambahlah Bere kita yang juga tetap meyakini bahwa Manurung itu Si Polin-polin. Hahadoli nami do hamu si Hahaan dohot si Paitonga, jadi horas ma di akka abang ni iba jala horas ma di hita saluhut Mnurung Sipolin-polin.

  4. m4nurung berkata

    @ Rudi Manurung

    Karena kita Manurung tidak mengenal penomoran, maka panggil saja aku abang. SOalnya aku Hutagurgur, sedangkan kau Manoroni.

    Terima kasih atas tambahan keterangannya. Sering-seringlah berkunjung kawan.

  5. heber berkata

    @ M4nurung

    Maksudnya Manurung tidak mengenal penomoran gimana ya? Bukannya setiap Manurung memiliki nomor garis keturunan?Saya kurang mengerti tentang hal ini, apakah Manurung Simanoroni harus selalu memanggil abang ke pada Manurung Hutagurgur dan Manurung Hutagaol? seperti misalnya saya yang berusia 22 thn harus memanggil abang ke pada Manurung Hutagurgur dan Manurung Hutagaol yang berusia 15 tahun? atua giman saya harus memnaggil dia? trimakasih atas penjelasannya.

    Horas,

    Toga Manurung Sipolin-Polin Sisada Anak Sisada Boru

    • rudy berkata

      sya rasa begini heber…kau tidak harus memanggil manurung hutagugur dan hutagaol seperti yg kamu utarakan diatas (abang)…km bisa panggil nama aja ama dy….dan dia tidak harus memanggil kamu adek…yg cocoknya adalah dy panggil kamu bapa uda…mungkin begitu dari saya…sy manurung hutagugur (op. patubamban) sian dolok nagodang

      • Poltak Manurung berkata

        Horas madihamu anka natua-tua nami!
        Manurung sipolin-polin adalah satu wasiat yang tidak dapat digangu gugat oleh siapapun!
        Mardomu rtusi, molo dipngarantoan on: malo pajumpang angka nasomasitandaan, dipatandahon madiri adong mandok Manurun na asing mandok Manurung (sama2 manurung) asa habotoan panjoun disungkun ma huta hatubuan ni oputta, misalna didok au sian Sibuntuon na asing i mandok sian huta Janjimatogu, nungga jelas partuturon Manurung Sibuntuon manjou bapatua tu Manurung Janimatogu.
        Persolan sekarang, bagai mana tu angka pomparanta na tubu dipangarantoan?, ra ndang boi be songon contoh na adong di ginjang i unasida, alani i boi donian tajalahi (usul) namambahen nomor urut, tamulai H1= Huta Gugur; H2= Huta Gaol; M= Manoroni, dna.
        Contoh lanjutan Manoroni: M1:Tuan Ria Sibatu, Raja Mangantar (anak dua), M2 urutan anak Tuan Ria Sibatu dohot Raja Mangantar dhot na asing

        Mauliate Horas

      • johannes manurung berkata

        Salam,

        horas ma dihamu Poltak manurung

        au Johannes manurung huta gur-gur – patu bamban sian porsea-dolok nagodang..
        molo manurut au nian, dasar hata sian Sipolin-polin ima tabuat…
        sada do hita, sada manurung. dang pola porlu nian inna rohaku molo gabe sada pembedaan di hita manurung alani adong manurung huta gur-gur, adong huta gaol, jala adong simanoroni. molo menurut au, kan sipolin-polin do hita. naeng ma nian akka holong ni roha ma na tapatudu di hita manurung….

        horas

  6. Menurut saya banyak saat ini Boru manurung YANG CANTIK@>> Karena state sebelumnya menyatakan bahwa boru manurung berparas biasa…menurut saya itu agak sedikit keliru.

    HORASSSSSSSSSSSS……………….

    • Andri Rico Manurung berkata

      Horas bapatua, bapauda,abang,dan amangboru

      Saya sebagai marga Manurung yang lahir di pulau jawa memang tidak terlalu memahami tentang bahasa batak, namun saya sangat tertarik dengan marga kita yang selalu kompak karena sudah terikat dengan kata SIPOLIN-POLIN.
      Sekedar usul saja, berhubung kini saya sedang melanjutkan pendidikan di Bandung maka saya mohon kepada para bapatua, bapauda,abang,dan amangboru untuk membuat suatu perkumpulan Manurung khususnya bagi para anak muda agar generasi manurung selanjutnya menjadi lebih solid dan kompak.
      Jadi saya mohon kembali kepada bapatua, bapauda,abang,dan amangboru untuk dapat membuat dan membimbing perkumpulan tersebut dan saya harapkan juga anak muda marga Manurung memiliki “mess” di setiap daerah agar dapat mempermudah sosialisasi sesama marga

      Terimakasih dan horas Manurung sipolin-polin

  7. JHON WISLY MANURUNG berkata

    Horas ma dihita sude Ampara

    Benar Manurung adalah sipolin-polin sisada anak sisada boru !

    Selamat atas terbentuknya blog ini tuk dapat menampung buah-buah pemikiran kita generasi muda Manurung yang sudah mulai menampakkan keberadaannya di negara kita maupun dunia melalui generasi emas Manurung yaitu seperti Edison manurung,Timor Manurung dan Patambor yang ada di USA dan negara lainnya.

    Ampara saya manurung hutagurgur dan berasal dari Kab.Batubara dan Istriku br Nadapdap dari Balige dan domisili di Bekasi. Saya merasakan sekali kekeluargaan kita manurung ini bila dibanding dengan marga lain memang kita tidak mengenal istilah nomor dan tidak boleh MARSIBUATAN itu harga mati pada tarombo marga hita. Dan saya juga pernah dapat beasiswa dari PATAMBOR oleh Ampara Edison manurung itu bukti komitmen Manurung itu satu dan peduli dengan DONGAN SABUTUHA.

    Teringat masalah Boru Manurung pada tataran dipergaulan sehari-hari memang benar yang diceritakan ampara diatas tetapi skarang sudah banyak yang cantik-cantik terutama boru yang ada diBekasi ini wah kalah Sophia Latjuba ha..ha..ha..benar gak bohong !

    Ampara Robert Manurung yang pernah akses di blog Batubaranews ya ? Terimahkasih sudah makin banyak generasi muda manurung yang muncul saya lihat diblog-blog bahkan dimasyarakat baik lokal maupun nasional.

    Ampara aku mengimbau mari kita buat kumpulan naposo bulung/generasi muda Manurung sehingga bisa menghasilkan kader SDM yang potensial pada masa yang datang. Dan mari kita dukung sepak terjang Ampara Drs.Edison Manurung SH MM dalam kegiatan2 sosialnya baik di EDISON MANURUNG CENTRE ( EMC ) maupun PATAMBOR. Dan selamat sukses atas pembangunan sekretariat Patambor yang lagi tahapa pembangunan.

    BRAVO MANURUNG, MANURUNG NUMERO UNO
    Horas ma di hita sasudena PINOMPAR ni OMPU RAJA TOGA MANURUNG seDUNIA.

    NB: No.contact 081311352368
    92129660

  8. chris manurung berkata

    Horas!…wah!nambah lagi nih tempat untuk curhat,ide,pengalaman dan pengetahuan.apalagi MANURUNG pula yang empunya.Tu angka sude dongan tubu,nang songoni ibotonghu salam kenal!Kalo menurut saya tidak ada salahnya penomoran(sundut)diterapkan di marga kita,melihat perkembangan dan pertambahan jumlah jiwa keturunan ompung kita Raja Toga Manurung yang telah tersebar diseluruh Indonesia bahkan sampai keluar negeri.Kalau di keluarga sendiri aku berusaha untuk bisa mempraktekan hal tsb namun tetap memperhatikan norma2 yang ada agar tidak ada pihak2 yang tersinggung.Saya sendiri sebenarnya tidak begitu setuju dengan pendapat yang mengatakan penomoran itu tidak perlu.Biasanya sesama marga (dahulu kala)Manurung,setelah mengetahui marganya sama,pastinya akan menanyakan domisilinya,yang tujuan pasti untuk menentukan siapa si abangan siapa siadikan.Saat ini mungkin cara2 seperti itu tidak bisa menjadi tolok ukur,mengingat pesatnya pertambahan jiwa pomparan Ompuntai yang melampaui batas2 domisili tiap2 “parompuan”.Dan diparserahan juga banyak yang tidak lagi mengetahui tarombonya secara jelas.Saya rasa perlu juga kita membuat forum diluar untuk berdiskusi,salah satunya mengenai tarombo serta adat dan budaya Batak,khususnya dilingkungan marga Manurung.Jadi songonima jolo pendapathu,mudah2an adong tingkita boi pajumpang secara langsung tu hamu sude angka dongan tubuniba na adong diseluruh Indonesia.Tuhanta ma namamasu-masu hita saluhutna.Amen!

  9. Hendra Manurung berkata

    horas tu hita sasude marga manurung
    ((mohon maaf kl salah kata2 di ats soalnya g banyak tau masalah adat secara luas ( yg basic dah di mengerti) walaupun sering di ceritain oleh papa saya, tp gitulah kadang bingung sendiri!)

    perkenalkan saya Hendra Manurung, kelahiran Jayapura_Papua !! kampungnya papa di porsea ( lumbankuala) tp oarang opung dah merantaiu ke kisaran ,mama boru Situmorang sian lagubotisekarang lg kuliah di ITS surabaya
    saya salut kepada abang, yang dah buat blog ini..kiranya blog ini bs merekatkan kita sebagai marga manurung,n sebagai media bagi kami2 dari perantauan yg mau belajar lebih tentang adat khususnya sejarah manurung, jujur aq baru tau sejarah manurung dari blog ini, semenjak kul di surabaya baru tau bonapasogit,soale jauh bgt kl mau pulang kampung dari papua he..he..

    harapan ku : semoga kita marga manurung bisa saling membantu n janganlah sombong ( ku rasa g ada de) n di blog ini bs muatin informasi bt lowongan pekerjaan he..he..
    thanks
    cayo for manurung family
    GB

  10. Robert Manurung berkata

    @ Heber Manurung

    Betul. Biarpun Seorang Hutagaol dan Manoroni sudah ompung-ompung, tetap saja memanggil abang atau haha partubu kepada Hutagurgur. Kompromi untuk perbedaan usia adalah si balita Hutagurgur memanggil bapauda kepada Hutagaol dan Manoroni yang jauh lebih tua.

    Mauliate
    Horas

  11. reza manurung berkata

    horas abang-abang semuana..

    aku reza manurung,tptna manoroni,tp,klo ditanya orang,”dimana kampungmu..?”q jawabla di medan,krn memenag gak tahu aku dmn “kampung”q itu.memang betul itu bang,klo manurung agak pendiam,tp klo boru manurung,jgn dibilang….oiya bang,adakah KURSUS BAHASA BATAK di medan atau jakarta?krn aku blm bisa bahasa batak bang,tp ad prnh ku liat di blog,kursuss bahasa batak 75rb pr jam,klo segitu,tak tolok la awak…

    sukses semuana manurung…!

  12. Jhonny SianRajaTuri berkata

    Horas ma tu sude angka da tulanghu !

    Jumolo hupasahat jalang tabi dohot jalang somba tu sude tulanghu pomparan ni Raja Manurung sipolin-polin.
    Santabi tu tulanghu M4nurung, boasa ndang dibahen tulang angka boru ni Raja Manurung i ma : 1.Siboru Pinta Haomasan \ Raja Tambun
    2.Siboru Anian Na Uli \ Raja Turi

    Molo na muli tu Tuan Lahi Sabungan i ma Siboru Nailing pinaribot ni Raja Manurung.

    Tulang adong na laho sungkunonhu saotik.Tarsingot tu ompung nami boru Si Harinuan boru Manurung na muli tu ompung Raja Harinuan Doli ( Datu Bolon Na Sapanjou-jouan manang Na sagoar ) molo bahasa indonesiana tulang, Sepasang Dukun Besar\Sakti yang mempunyai nama sama.Molo na huboto tulang pahompu ni ompung Raja Siampudan\Simanoroni do ompung Siharinuan boru, alai ndang huboto manang boru ompung na dia sian anak ni Raja Siampudan.Urupi tulang majolo au mangalului Tarombo ni ompung Raja Siampudan\Simanoroni.

    Ni on ma saotik tarombo ni amang boru muna Raja Turi:
    Raja Turi \ Anian Na Uli Boru Raja Manurung :
    1.Simangonding (Raja Onding) \ Boru Raja Napitupulu:
    1.Raja Harinuan Doli \ Si Harinuan Boru Raja
    Manurung dohot Boru Raja Manalu Ruma Hole
    2.Tuan Lata Lasiak (Silatalasiak)

    2.Lumban Gambiri

    3.Lumban Mataniari

    Molo au tulang pomparan ni Raja Harinuan do, alani umbahen na ditonahon angka da ompung tu hami ndang bere ni marga Manurung be hami, alai gabe anak ni hambing muna na hami tulang.
    Hupasahat Mauliate godang tu Tulanghu M4nurung dohot tu sude tulang Marga Manurung sipolin-polin manang na di dia maringanan.Sai ompunta Debata ma mangaramoti hita saluhutna.

    Horas !

    • Makmurmanurung berkata

      Manurung Simanoroni.anaknya 1 org.1,Tuan Ria Sibatu dan Boruna 2 org.yang 1.Harinuan Br manurung Kawin sama Harinuan Sianturi dan yang 1 lagi kawin sama Hutajulu. Tuan Riasibatu Manurung anaknya 3…1.Janjinabolon…2.Namoratitip..3.Raja Huta

  13. Bosman Manurung berkata

    Horas ma di hita sude,
    Salut ma tu hita di ruas manurung sipoli polin sisada anak sisada boru,
    Memang generasi nuaengon langka do na boi manang na olo marsiajar bahasa batak.
    Molo pengalamanhu, memang na ro sian natua-tuanta do, molo mereka berkomunikasi dijabu, diusahon ma marhata batak asa terbiasa pinggol mambegei. Au nunga tubu di banten do alai boi marbahasa batak ia tung marpasir-pasir.
    Jadi tu hami angka generasi muda ni manurung na lahir di perantauan… diusahakan unang lupahon hamu bahasa persatuan nta manag didia pe hita berada pasti do bahasa batak olo gabe langkah awal menimbulkan rasa persaudaraan…
    Sai anggiat ma Tuhanta mandongani hita saluhutna….
    Amen…

    • biasalah kalau manurung , yg pentingb di Marga Manurung intern ada 3 : Manurung Hutagugur . Manurung sibitonga , manurung siapudan (si Manoroni) , kalau Manurung si Manoroni panggil ke Hutagugur yg panggil abang, sedangkan Manurung Sibitonga panggil ke si Manoroni yg panggil Adik , begitu aja menurut tingkatannya saja.

      • jhon manurung berkata

        horas abang , bapa uda..
        mau nanya nih klw manurung sipitonga dang na manurung hutagaol i…?

        horas ma dihita saluhutna..

        maju trus manurung united khususnya manurung hutagaol.

  14. Bersama Toba berkata

    Horas..

    ikhtiar kecil untuk mendorong dan mewadahi komunikasi positif di kalangan halak hita.

    Admin http://bersamatoba.com
    Ivan.N70 Blogger Batak

  15. Lintong C Mnurung berkata

    Manurung Sipolin-polin, Sisada anak, Sisada boru…..falsafah ini bukan sekedar kata-kata mutiara, ia bermakna pemersatu, pengikat menghilangkan rasa egois dan tinggi hati. Ini semua merupakan kerinduan bagi kita seluruh marga Manurung. Tinggal bagaimana kita meralisasikannya, apakah rasa cinta dan mengasihi satu marga bisa selalu kita laksanakan dalam kehidupan sehari-hari (ai mangkuling do mudarta molo adong dongan tubuta na kurang mampu….ta sukkun ma dibahasan roha ta) Salam sejahtera dan semoga Tuhan selalu menyertai kita. Amin

    • Marianus manurung(081251461510) berkata

      HORASS Di hamu akka natua- tuakku, sattabi mahudok au manurung na hurang mampu do di masalah perekonomian,minta tolong majo au humohon bantu jo au (ASI ROHAMUNA) TUHAN TA MA MAMBALOS SUDE BURJUNI SUDE DONGAN TUBUKKU NA ADONG DI PORTIBION.

  16. heber_manurung berkata

    @Robert Manurung
    Terimakasih jawabannya Bapa tua. tp saya masih mau nanya ni, boleh kan? Karena saya masih kurang mengerti tentang silsilah kita.

    misalnya, Manurung Simanoroni dengan No garis keturunan 14 harus memanggil apa ke Manurung Hutagurgur dengan No garis keturunan 15?
    catatan: Manurung No garis keturuna 14 dan 15 pada usi yang sama.

    trimakasih

    HORAS

    • biasalah kalau manurung , yg pentingb di Marga Manurung intern ada 3 : Manurung Hutagugur . Manurung sibitonga , manurung siapudan (si Manoroni) , kalau Manurung si Manoroni panggil ke Hutagugur yg panggil abang, sedangkan Manurung Sibitonga panggil ke si Manoroni yg panggil Adik , begitu aja menurut tingkatannya saja.

      Manurung Si Manoroni mau urutan ke berapa aja , kalau panggil ke Manurung Hutagurgur ya tetap Abang atau Bp Tua , utk hal pangigil memanggil ya liat aja , dan pada prinsip nya yg Manurung yg muda panggil Abang ke yg diatasnya, itu aja prinsip nya.

  17. Aparaku..ada yg tau silsila Manurung gak yah??mohon kalo ada yg tau asal muasal manurung tolong disharing yah…biar kita tau.tanks yah

  18. Joseph Manurung berkata

    Wah thanks God, Finally I found this informatif page…waduh kok jadi ngomong jawa…..
    Halo all…
    Gileeee asik banget bacanya, puji Tuhan saya Manurung Hutagurgur…lahir di jawa, Kampung (kata bokap) doloknagodang…bokap sendiri lahir di Porsea..sekarang tinggal di JaTeng…
    Istri (was br jawa) sekarang dah mangadati br Sipayung
    Saya jauh dari pengetahuan tentang Batak dan adat istiadatnya….bukan salah ortu, tapi saya saja yang kurang aware….tapi saya tidak malu bilang kalo saya orang Batak (numpang lahir di jawa :D)
    Yang bikin malu justru kalo ketemu orang Batak dan diajak ngomong Batak…wuaaaaaaaaaahhhhhhh…..

    Tapi saya pengen belajar….terimakasih sudah bersusah payah buat halaman ini dan halaman-halaman lainnya…

    Manurung United : Global sekali!! Mantabssss…

    Btw, kalo Manurung Hutagurgur ke Manurung Hutagurgur juga, manggilnya apa dong?

    Rgrds GBU all

  19. august erha berkata

    Assalammualaikum
    Salam sejahtera

    Saya muslim,etnis Jawa, dan kebetulan beristri boru Manurung,anak 2 , dan sekarang tinggal di Medan (Horas!!)
    Baru aja nih tinggal di Medan, setelah sbelumnya keliling2 kota (kerna alasan mutasi dinas), dari Jakarta,Bandung, ampe Banjarmasin n Palangka Raya baru balik ni kami ke kampong isteri…
    Wah senang sekali saya adanya blog ini, paling tidak membuka mata saya tentang apa dan bagaimana tentang marga isteri saya……………….
    Kelihatannya lucu ya kenapa saya sebagai orang Jawa lha kok malah ngurus masalah ini (harusnya ini jadi urusan istri tersayang)…but it is not a problem for me,ok!
    Abang2 ipar n Kakak ipar saya, tau tuh nggak perni ngasi tau ke kami tarombo mereka ke saya, n isteri tersayang awak juga tak kasi tau ke awak ….Katanya mereka ada juga, tak tahulah apa karena kami tak minta juga ya……
    Yap, karena persaudaraan orang Batak begitu kentalnya dibanding kami orang di Jawa ini,palagi kami berniat untuk menetap di Tano Medan ini, saya bermaksud ingin mencari tahu apa sih MANURUNG itu!
    Biar secara adat kami juga tak salah melangkah di tano Batak ini, sebab keluarga isteri amat beragam keturunannya!
    Isteri saya adalah anak ke bungsu dari 8 bersaudara, mertua (alm) yang beristeri boru Hasibuan (alm),mertua berasal dari Kisaran, sedang opung isteri saya (bapa nya mertua ) berasal dari tanah Tapanuli,–arkian keluarga besar Manurung kami masih banyak yang tinggal di Kisaran,–kalo di Medan cuman tinggal kami aja….(Cuma mertua saya aja yang katanya merantau sampe Medan ni )…..
    Ok saya setuju dengan pendapat Sdr. Bob Manurung :
    “Baik di kampung halaman maupun di perantauan, Manurung punya reputasi bagus sebagai marga yang cinta damai. Kaum prianya rata-rata berperangai tenang, kuat pengendalian diri dan lebih suka menyelesaikan perselisihan dengan berunding atau diplomasi. Mungkin karena karakternya itulah, sedikit sekali marga Manurung yang menjadi anggota TNI, Polri atau preman”
    Wah kok benar ya,karakter abang2 ipar saya cenderung begitu , dan profesi abang n kakak ipar saya kok juga sesuai, abang2 n kakak ipar saya itu ada yang bekerja sebagai elite PNS,guru PNS,manajer perkebunan, manajer farmasi , Telkom, ada juga karyawan swasta”

    Dan keluarga besar kami tidak hanya di Medan ini saja mereka menyebar di Binjai,Aceh,Pekan Baru,Jakarta,dan Bandung ….(dulunya saya juga sempat ngilang ke Kalimantan )
    Tapi abang saya juga pernah ngomong bahwa marga Manurung itu tak sembarangan memilih menantu (tak tahulah apa artinya itu, yang jelas anak2 dan menantu2 mertua kami semuanya adalah orang yang mandiri dan kebanyakan sukses dalam karir dan materi..(maaf bukannya membanggakan diri )
    Sdr. Bob Manurung juga bilang:
    “Kenapa bisa begitu ? Ternyata di balik sikapnya yang pemberang, garang dan pembangkang (plus cerewet juga), boru Manurung selalu berbakti secara total demi meningkatkan kesejahteraan dan mengangkat harkat serta martabat keluarga suaminya. Mereka dikenal pekerja keras, ulet dan tidak jaim, sehingga pekerjaan kasar pun dilakoni. Kalau martabat keluarga suaminya direndahkan orang lain, dia akan maju paling depan melabrak pelakunya.”
    Ini bener juga she , hmm dan saya sangat bersyukur isteri saya berkarakter demikian (Alhamdulillah), dan emang kok suami2 kakak ipar saya kebanyakan telah jadi orang bener, ada yang jadi manajer di Telkom,Kepala Sekolah SMU, dan pejabat di suatu institusi pemerintah ( saya sendiri sekarang masih berjuang keras meniti karir di suatu departemen pemerintah, tarus terang kalo tak ada dorongan isteri tak bisa saya bisa sampai ke posisi saat ini)

    Sdr. Bob Manurung juga bilang:
    “Fakta yang kontradiktif inilah yang melambungkan reputasi boru Manurung, sehingga banyak marga yang mendambakannya menjadi menantu. Dan itu pula salah satu faktor yang membuat marga lain menaruh hormat pada Manurung”
    Jelas ini tak terbantahkan!!, terutama pada poin” sehingga banyak marga yang mendambakannya menjadi menantu”
    Cuman ada yang saya gak setuju Bung Bob Bilang “ jarang sekali boru Manurung yang berwajah cantik”, tetapi kenyataanya tidak demikian, sebab isteri saya tercinta memang benar cantik, dan sangat cantik paling tidak menurut saya sebagai suaminya tercinta!!!

    OK salam sejahtera buat semuanya!!
    Wassalammualaikum

    • Johnny Manurung berkata

      Saya Johnny Manurung dari Banjarmasin ngeri membaca tulisan Lae katanya KEBETULAN DAPAT BORU MANURUNG. Saya rasa yang tepat dapat jodoh boru Manurung

    • Dody R Manurung berkata

      Horasss,,,Manurung Sipolin polin sisada anak sisada boru..
      lae august,,benar tu ,sapa bilang boru manurung tidak cantik,,buktinya aja boru hasian KU cantik,,hehehehe

  20. sahala.manurung berkata

    Kungjungilah web majalah patambor berikan masukan yang berarti untuk kemajuan web patambor.atau kirim saran atau artikel ke mail@patambor.com horas3x klik
    patambor.com

  21. Luxer Manurung berkata

    horas dah bah tuh hamu marga manurung na adong di luat portibi on..
    au sian IRIAN JAYA BARAT..
    benar nya itu klo manurung ga pake penomoran, krn kmren saya berantam mulut dohot marga manurung, tp sama2 hutagurgur. dia bilang klo manurung pake penomoran..
    gmn caranya bwt dia percaya klo manurung ga pake penomoran??

    Horas ma di hamu saluhutna marga manurung..

    Amen..

    • MT.Manurung berkata

      MT. Manurung dari banjarmasin
      Pada dasarnya semua Marga mempunyai nomor garis keturunan, tidak terkecuali Marga Manurung,akan tetapi bagi kita Manurung Sipolin-polin, sisada anak sisada boru,sisada lasniroha sisada sitaonon, bolehlah nomor garis keturunan itu kita pakai dalam ruang lingkup Parsaompuon ( satu garis keturunan yg sangat dekat atu Nasapanganan )rasanya kurang baik kedengaranya kalau yang sudah punya cucu memanggil ompung sama anak yang baru lahir. jadi untuk itu kita di ajari saling marsipasangapan, dalam pergaulan seharihari,kalau siahaan lebih muda memanggil Aman Uda lah dia kepada Sianggian yang lebih Muda.
      terimakasih, Mauliate, Tuhan memberkati. Horassss.

  22. chris manurung berkata

    Horas..ampara Luxer! Boasa ingkon marbadai ala ni “penomoran”alias sundut?..menurut pendapathu..porlu do diterapkan “penomoran” asa tangkas taboto partuturon dihita angka pomparan ni ompunta Raja Toga Manurung na boloni.Ai nunga mansai torop angka pomparanai di saluhut portibion. Alai ingkon manat2 do hita taringot tu angka ruhut manang nilai2 na adong di hita.Perbedaan pendapat itu adalah hal yang lumrah.

  23. jhon w manurung berkata

    Horas buat kita semua Pinompar Ompu Toga Manurung
    SELAMAT NATAL 2008 DAN TAHUN BARU 2009
    SUKSES SELALU MENYERTAI KITA

    Ampara Luxer benar Manurung sebab penyebutan kalimat ” horas ma hamu saluhutna marga Manurung “, kesan yang terbetik adalah seolah2 Ampara bukan Marga Manurung. Tolonglah Ampara ini masukan dari dongan tubuh diperbaiki dikemudian hari. Bravo..

    Masalah Penomoran saya sepaham juga dibutuhkan tetapi ingat kita Manurung kurang terbiasa dengan penomoran itu,sebab hal itu memberikan kesan membedakan antara sesama manurung. Padahal ” Tona ” Ompu itu Manurung adalah SIPOLIN-POLIN artinya satu kesatuan yang tidak terbatas dengan penomoran secara khusus yaitu jika anak atau gadis Manurung dari manapun asal itu adalah anak dan gadis semua Manurung, itulah dalamnya makna tersebut.

    Masalah siapa yang tua khan jelas Manurung ada 3 Hutagur2,Hutagaol,dan Simanoroni. Kita pasti tau siapa abangan dan itu nanti dapat diketahui dari asal kampungnya makanya sesama Manurung jika disebut kampung maka otomatis ketahuan abangan atau sebaliknya ( dengan syarat tau kita nama kampung asal di bona pasogit,jika tidak repot kalau Martarombo bisa debat kusir jadinya ).

    Jika satu garis Manurungnya, mis. Hutagur2 tinggal sebut aja nama ompung kita dari atas maka akan ketahuan juga siapa abangan, tinggal kita tarik aja garis generasi tiap2 Ompu lalu urutan berapa ompu kita ketahuan siapa abangan dan seterusnya begitu. Tetapi dengan menyebut Ompu biasa sesama Manurung yang tau silsilah pasti uda tahu siapa Akkang siapa Anggi.

    Tetapi yang harus kita tau adalah Manurung itu satu dan belum ada yang( maaf ) saling kawin mawin, sebab itulah pesan Ompu TOGA MANURUNG yaitu Motto SIPOLIN-POLIN.
    Dan mari kita bergandengan Tangan kedepan tuk mendukung saudara kita tuk berkipra di Republik ini, melalui tugas dan pengabdian terhadap bangsa.

    Mereka adalah Arthur Manurung (dpr RI Hanura),Sujono M (dpr RI PPRN),Guntur M (dpr RI Demokrat),Darsono M (dpr RI Demokrat) dan Provinsi yaitu Lintong Manurung (dprd jabar Kedaulatan) ada opininya ditulis diatas. Itu untuk bidang pengabdian..

    Yang lain di tugas ada Edison M (calon Bupati Tobasa),Nurdin M (Jasa Marga),Managam M (BPN Pusat),Robinson M (Kapolres JAKTIM),Timor M (Hakim Agung) dan Roy M(ketua Patambor jabotabek) serta masih banyak yang lainnya.
    Untuk itu kita harus saling bahu membahu membantu melalui Pikiran,tenaga,sosialisasi, dan waktu ada.

    OK sukses selalu tuk kita Manurung..
    Manurung NUMERO UNO..
    Sukses selalu..
    Jayalah trus..

    Contact Person; 021 92129660

  24. Jhonny SianRajaTuri berkata

    HORAS MA DISASUDE ANGKA DA TULANGHU !

    Jumolo au pasahat jalang tabe dohot jalang sangap tu hamu tulang.
    Hupabotohon ma jolo diringhu tulang,goarhu Jhonny Sianturi pomparan ni Raja Turi sian sundut 16.

    Maaf tulang saya mau memberi komentar mengenai masalah penomoran marga Manurung yang para tulang saya lagi bahas.
    Begini tulang, saya marga sianturi nomor 16 dan jika saya bertemu dengan marga sianturi nomor 14,maka saya wajib dan harus memanggilnya Ompung tanpa memandang usia. Demikian juga sebaliknya jika saya bertemu dengan marga sianturi nomor 18, maka diapun wajib memanggil saya Ompung tanpa memandang usia ataupun ompung siapa yang menjadi siahaan/sianggian.
    Dan jika berbeda satu generasi maka wajib dipanggil AmangTua/AmangUda tergantung ompung siapa yang siahaan dan tanpa memandang usia.Jika generasinya sama maka dipanggil angkang(abang)/anggi.
    Konsep inilah yang dipakai semua marga-marga Batak jika mereka bertemu dengan saudara semarganya.

    Mengenai arti dari RAJA MANURUNG “SIPOLIN-POLIN” NA SONGON SI SADA BOLIT, NA SO GABE PAIMBAR-IMBARON (KETURUNAN RAJA YANG SEMPURNA SEPERTI SATU WARNA, YANG TIDAK BISA DIBEDA-BEDAKAN)yang artinya kira-kira begini: Bahwa dimanapun keturunan Raja Manurung berjumpa,mereka harus menganggap keturunan Raja Manurung yang mereka jumpai tersebut sebagai saudara kandungnya.
    Jika yang bertemu berbeda 2 generasi maka mereka harus menganggapnya sebagai Ompung/Pahompu kandungnya.Bila berbeda 1 generasi maka mereka harus menganggapnya sebagai AmangTua/AmangUda kandungnya.Dan jika generasinya sama mereka harus menganggapnya sebagai Angkang/Anggi kandungnya.

    Yang saya ketahui tulang bahwa marga Manurung juga mememakai penomoran.Saya pernah bertemu dan berbincang-bincang dengan beberapa orang tulang Manurung,ketika mereka saling memperkenalkan diri memang yang pertama ditanyakan adalah Manurung apakah mereka (Hutagoal/Hutagurgur/Simanoroni)setelah itu diketahui lalu mereka saling menanyakan nomor.Dan mereka saling memanggil berdasarkan nomor generasi mereka seperti yang telah saya terangkan diatas Tulang.

    Biasanya seseorang yang memanggil Angkang(Abang)/Anggi kepada saudara semarganya tanpa memperhitungkan nomor dari gennerasinya adalah seseorang yang tidak mengetahui secara pasti nomor berapakah dia dari generasi marganya.

    Demikian juga poda dohot tona yang telah disampaikan ompung kami, bahwa dimanapun kami kalau bertemu dengan Marga Manurung kami harus memanggilnya TULANG tanpa memandang Manurung apakah mereka.
    Dan menganggap tulang Manurung yang kami jumpai tersebut sebagai tulang kandung kami.
    Khusus bagi kami pomparan ni RAJA HARINUAN DOLI, kami bukan lagi bere marga MANURUNG tetapi telah naik pangkat menjadi ANAK NI HAMBING marga Manurung.
    Saya akan berikan sedikit tarombo RAJA MANURUNG DOHOT BORUNA yang saya ketahui Tulang.
    RAJA MANGATUR :
    A.RAJA MANURUNG/SIBORU HUTA NA HOT
    B.SIBORU NA ILING(MILING-MILING)/TUAN SILAHI SABUNGAN

    RAJA MANURUNG :
    1.RAJA HUTA GURGUR
    2.RAJA HUTA GAOL
    3.RAJA SIMANORONI
    4.SIBORU PINTA HAOMASAN/RAJA TAMBUN (MARPARIBAN)
    5.SIBORU ANIAN NA ULI/RAJA TURI (ASAL MARGA SIANTURI)

    RAJA TURI/ANIAN NA ULI :
    1.RAJA ONDING (SIMANGONDING)/BORU NAPITUPULU
    2.LUMBAN GAMBIRI
    3.LUMBAN MATA NI ARI
    4.SIBORU MANGIRING NA OMAS/RAJA HASIBUAN

    RAJA ONDING/BORU NAPITUPULU :
    1.SI RAJA HARINUAN DOLI/SI HARINUAN RAJA BORU MANURUNG/BORU MANALU RUMA HOLE
    2.TUAN SI LATA LASIAK

    RAJA HARINUAN DOLI/HARINUAN RAJA BORU MANURUNG (MARPARIBAN) disebut juga DATU BOLON NA SAPANJOU-JOUAN/SAGOAR dalam terjemahan Indonesia : SEPASANG DUKUN BESAR/SAKTI YANG BERNAMA SAMA.

    Mereka sangat terkenal dan sangat disegani diseantero Tanah Batak.
    Pada jamannya tak seorangpun dukun/paranormal mau berurusan dengan mereka berdua.
    Sehingga karena terkenalnya mereka banyak keturunannya menganggap bahwa Marga Sianturi memanggil Tulang kepada Manurung karena Ompung SiHarinuan Boru Manurung,dan demikian juga Marga Manurung memanggil Bere kepada marga Sianturi karena Ompung Boru ini.

    Songon i ma jolo na boi hupasahat tu hamu tulang.
    Molo adong pambahenanhu manang panghataionhu na marhumuranglobi jumolo marsantabi Anak Ni Hambing muna on.

    HORAS JALA GABE DIHITA SALUHUTNA POMPARAN NI RAJA MANURUNG !

    • chris manurung berkata

      Horas! Na nialap ni/ripe ni Raja Toga Manurung adong dua i ma : Boru Sumiang & Si Ampul Julu. Boru Hutahot,boru ni Datu Talaidibabana (Ompu Tuan Raja Doli)marga Borbor do na gabe ripe ni Raja Mangarerak Mangatur. Ompunta Datu Pejel mangalap Boru Tantan Debata,boru ni Guru Tatea Bulan. Jadi songoni ma koreksi dohot informasi sian ahu.

    • hestondaniel berkata

      ise do Bg istri ni si raja Mangatur ,,….???

  25. Wilson Manurung berkata

    HORAS ma dihita saluhutna, angka Haha/Anggihu, Lae, songoni pe tu bere nami Sianturi.

    Las si tutu do rohangku di na adong foru sisongonon. ima naboi gabe wadah pembelajaran tu hita na tubu di tano pangarantoanon.

    jadi aku sendiri Manurung Sihahaan(Hutagurgur), tinggal di bekasi. Jala na hualap boru ni rajai boru Nadapdap. sama dengan abang saya Joseph Manurung/br. Nadapdap.

    ada beberapa hal yg ingin sy share utk haha/anggi sy (maaf hanya sebatas yg sy tahu) tentang :

    1. Belajar Bahasa Batak, pada awalnya sy hanya mengerti sedikit
    2x, tp setelah menikah sy berusaha utk lbh lg dng cara,
    pertama: saya paksa agar teman kerja sy orang batak yg
    kebetulan besat di bona pasogit utk berbahasa batak bila
    berbicara dng saya, kedua: saya ikuti semua arisan marga,
    dari marga Manurung, Nadapdap, Nasa ompu, dongan sahuta, dan
    ketiga, saya berusaha berbahasa batak dirumah dng istri.
    Dan ternyata itu semua berbuah baik. bahasa batak saya
    menurut yg mendengar tdk ‘marpasir pasir’ (lumayan).

    2. Penomoran, tidak benar bahwa marga Manurung ada penomoran.
    karena disetiap sy bertemu dng marga manurung tua, muda,
    bahkan beberapa raja hata sekalipun tdk pernah ada sy
    mendengar ada yg bertanya mengenai nomor urut, dan bahkan sy
    pernah bertanya pada dewan adat manurung, beliau mengatakan
    tdk ada penomoran. Jadi mungkin yg didengar oleh bere kami
    Sianturi adanya manurung yg menanyakan nomor, mungkin hanya
    menanya sundut dari batas mereka yg satu ompu. bukan nomor
    dari manurung secara keseluruhan (Hutaagurgur, Hutagaol,
    Simanoroni). karena bila dng alasan tidak tahu silsilah
    marganya, itu belum tentu. karena sy sendiri adong do TAROMBO
    sian SIRAJA BATAK sahat tu AHU sandiri.

    3. Mengenai panggilan, bila kita sama 2x hutagurgur, misalnya sy
    dng abang Joseph Manurung/br.Nadapdap(maaf bang aku sebut
    nama abang), yg pertama yg akan sy tanya kampung di bona
    pasogit, karena dr kmp nya sj kita bisa tahu apakah siahaan,
    sibitonga atau siampudan, kalau belum jg yg kedua, sy akan
    tanya punguan nasa ompu, misalnya, kalau hutagurgur, punguan
    sa ompu sian sundut pa 10 on, yaitu, Jarojang (di Sibisa),
    Raja Naualu(di Parsunian), Patuan Bamban(di Pasunian), Puni
    Unggul( di Sionggang)yg baru 2x ini mengadakan pesta tugu,
    Sijambang(di Jangga), Sompa Oloan(di Narumambing), dan Tuan
    Sogar(di Janjimatogu) saya sendiri. dan sy yakin utk Manurung
    masih banyak lagi angka tugu ni ompungta.

    Dan jika Hutagurgur dng Simanoroni misalnya, jika
    sebaya/lebih muda, bisa kita panggil abang ke Hutagurgur,
    jika jauh diatas kita walaupun itu dibawah umur bapak kita
    kita bisa panggil bapa uda/amang tua, dan begitu jg
    sebaliknya.
    Karena jika kita bicara umur, maka tetap nomor urut itu tdk
    membantu, karena bisa saja si A usia 40 tahun nomor urut 24,
    sementara si B usia 17 tahun nomor urut 22, bisa saja kan.
    karena mungkin nenek moyang dr si A dulunya adalah
    perantau/agak terlambat kawin, sementara nenek moyang si B,
    kebetulan gampang dpt jodoh, nah adakah bedanya nomor urut
    maupun tdk ?, kalau kita sdh bicaa usia.

    Karena sesungguhnya abang atau Adik Tanggung Jawabnya sama, ‘
    boha asa dame’ saya kasih contoh yg unik.
    Dalam acara-acara adat batak, sy contohkan disini marga
    manurung Hutagurgur dalam pesta perkawinan, disini Bila Raja
    Hatanya dari Hutagaol maka Protokolnya/Parsinabung dari
    Simanoroni, atau sebaliknya. dan bila yg pesta adalah
    Manurung Hutagaol, maka Raja Hatanya Simanoroni, dan
    Protokolnya/parsinabung dari Hutagurgur atau sebaliknya, Raja
    Hatanya Hutagurgur, dan Protokol/ Parsinabung Simanoroni.

    Mungkin itu saja yg bisa sy share, mohon maaf/santabi di
    hamuna Haha/Anggikhu, Lae, dohot dihamu bere nami Sianturi, atik adong hata 2x ku na hurang denggan.

    Dan informasi, Patambor JABODETABEK pernah mengeluarkan VCD, tentang daerah/huta ni Manurung di BonaPasogit, mungkin itu bisa sbg pembelajaran kita, karena sy jg banyak tahu dr vcd itu.

    Salam PATAMBOR

    “MANURUNG SIPOLIN POLIN SI SADA ANAK SISADA BORU, Sauduran tu Dolok Sauduran tu Toruan”

    • bangmanroe berkata

      Horas ma dihita saluhut pomparan ni RAJA MANURUNG,
      manurung sipolin-polin, sisada anak sisada boru.
      bang Wilson Manurung….
      molo adong dope VCD tentang daerah/huta ni Manurung di BonaPasogit,tolong majolo abg kirim tu au..
      asa di boto anggi muna on daerah/huta ni oppungi..
      Au manurung simanoroni (siappudan) (Heri Manurung)
      magodang di bagan batu – Riau..
      saonari au bertugas di Banda Aceh (Anggota TNI)…
      HP : 081360164208
      Mauliate ma hupasahat…
      Horas …
      Sukses Manurung United….

    • monrad35 berkata

      @bg_wilson
      horas bang
      aku juga Manurung Hutagurgur dari Porsea Janji matogu
      mohon infonya klw ada
      1. keturunan manurung hutagurgurgur ada berapa?
      yang aku tahu kita tuan sogar yng paling kecil ya(siappudan)?
      2. keturunan tuan sogar ada berapa?

      minta bantuannya bang<<tks horas

    • Ruben Manurung berkata

      Horas jala gabe ma hita saluhutna……
      Parjolo hupatandahon ma jo diriku,ia ahu namargoar RUBEN MANURUNG,Ia panggoaranhu(Ama JOEL), mangalap boru ni Raja i Boru SIAGIAN sian JANJI MARIA.Jala ahu Manurung Simanoroni -Janji Nabolon Pomparan Raja Mamotik.
      Mauliate ma di abang niba WILSON MANURUNG(maaf hugoari jo) atas informasi na tung mansai arga.Mangido tolong majo ahu tu Abang niba WILSON MANURUNG,Molo boi dikirim abang jo VCD Patambor se JABODETABEK tu anggimon.On ma alamathu Abang.Penerbit Erlangga Jln.Haji Baping.Rt.008/09.No.100.Ciracas 13740.Jakarta Timur.HP.081310173750.Lobi hurang parjolo hudok mauliate.Horas.Tuhan Memberkati.

    • heinz mhanroe berkata

      horas diangka apparakku. au HEINZ MANURUNG pomparan hutagurgur,banualuhung,patuanjong… hami pomparanni ompunta patuanjong berdomisili di tuktuk siadong samosir… mangido tlg tu amanguda nampunasa blog on. molo adong dihamu copy tarombo nairasaon na disahhon raja2 di rapot godang taon 1931 di bonggung/hatinggian/simananduk hatinggian. kirim hamujo tu email: heinz_mcenroe@yahoo.com mauliate, HORAS SIPOLIN-POLIN…

  26. Wilson Manurung berkata

    Wilson Manurung

    Horas !

    Maaf utk abang Joseph/br. Sipayung, maksud saya pada tulisan diatas Abang Jhon Wisly Manurung/br. Nadapdap.

    Salam PATAMBOR

    “MANURUNG SIPOLIN POLIN SI SADA ANAK SISADA BORU, Sauduran tu Dolok Sauduran tu Toruan”

  27. Jhonny SianRajaTuri berkata

    HORAS MA DITULANGHU WILSON MANURUNG !

    Mauliate godang ma hupasahat tu hamu tulang dimasukan nanilehon muna i.Molo na huboto tulang panundution(penomoran) ni marga adalah salah roh(inti) dari konsep DALIHAN NA TOLU.
    Songon au tulang ramba naposo dope, ndang mangalap boru dope tulang alias doli-doli dope. Alai molo pajumpang au dohot marga sianturi sian sundut 14 ingkon manjou ompung do au tulang alana au marga sianturi sian sundut 16, nang pe satorbang(saumur) hami na dua.
    Au pe songon i do tulang, nunga gabe ompung-ompung au tulang molo pajumpang dohot marga sianturi sian sundut 18.

    Molo sian konsep Dalihan Na Tolu tulang ingkon mangihuthon PARTUBU do tulang.I ma partubu Namarhahang-anggi dohot partubu sian Panundution/Sundut(Penomoran).Alani dibaen da ompungta SIJOLO-JOLO TUBU sada tona na uli na denggan:

    GOGO URAT NI DUHUT, GUMOGOAN DO URAT NI RI
    GOGO URAT NI RI, GUMOGOAN DO URAT NI BULU

    TOGU HATA NI UHUM, TUMOGUAN DO HATA NI PADAN
    TOGU HATA NI PADAN, TUMOGUAN DO HATA NI PARTUBU

    Ima sada umpasa na gabe tungko-tungko(dasar) ni Pardongantubuon disude pomparan ni Raja Batak na mangihuthon konsep Dalihan Na Tolu.Alani do tulang ditonahon angka ompungta na parjolo i, asa taboto tarombota be, alana sian tarombo do jumpang angka ruhut-ruhut ni partuturon dohot angka panjouion/panggoarion(sebutan kepada dongantubu :hahang/anggi,amangtua/amanguda,ompung,amang na matua(amangtuamangulahi).Diboru do tulang ndang adong panundution/penomoran isarana(contohnya):iboto ni among niba nijouma inangboru(namboru),alai boru ni ompung sian ginjang pe dijou do namboru.Sada nari muse iboto ni ompungta, tajou do tong ito.
    Konsep sisongon on na sasintongna molo mangihuthon Dalihan Na Tolu Na Polin (asli) ima BISARA BOLON (BUDAYA AGUNG) pinungka ni Ompungta Sijolo-jolo Tubu i.

    Dipungka ompungta i Tarombo asa unang lupa do hita diangka dongantubunta, borunta dohot hula-hula(tulangta).
    Panundution/penomoran ingkon/wajib do adong diganup marga ni halak Batak.
    Molo na nidok muna tulang mengenai ndang adong penomoran dimarga Manurung, molo na sasintong na, adong do tulang. Alai ndang gabe dipangke i diparsaoran siganupari (pergaulan sehari-hari) diantara sesama marga Manurung secara umum.

    Songon i ma jolo na tarpasahat bere muna on tulang.
    Molo adong namarhuranglobi tulang jumolo bere muna on marsantabi.

    Sahat jalang tabe dohot jalang sangap tu sude tulang nami Pomparan Ni Raja Manurung.

    HORAS !

  28. Wilson Manurung berkata

    HORAS MA DIAMANGBORUHU JHONNY SIANTURI !

    Mauliate ma di Amangboru, diangka sharing muna di hami. Tarlumobi di ahu sandiri na tubu di tano pangarantoan on.
    Tanda do na anak hambing ni manurung hamu, di boto hamu do tarombo ni tulang mula. mauliate ma.

    Ai didia do angka haha/anggihu ?
    sepertinya sdh gak kelihatan lg tulisannya…

    “MANURUNG SIPOLIN POLIN SI SADA ANAK SISADA BORU, Sauduran tu Dolok Sauduran tu Toruan”

  29. Horas ma di Hita be Pomparan ni Toga Manurung dohot akka boruna dohot bere nang Ibebere.

    Tu Lae Jhonny Sianturi ( doli2 dope jadi ni gora ma lae ate bere! )..

    Taringot tu akka nonang2 partaromboan di hami Marga Manurung, memang toho do nani patorang ni bere i,alai hu solmalan do di pakke hami Manurung di pergaulan molo jumpang Hami ima Goar ni huta dohot Ompu do digokkon mangalusi sukkun, dang umum nomor didok.
    Mungkin, songon contoh molo hami Hutagur2 au pribadi Sompaoloan jumpang tu Puniunggul molo dao umur (sataraf Natoras) jou on ma bapa tua,alai molo sataraf manang saumur jou on ma abang,jadi sude pinompar ni Sompaoloan tu toru molo jumpang tu pinompar ni puniunggul tu toru songoni do tong nang pagora na. Jadi tong songoni Hutagaol dohot simanoroni manjou abang do tu Hutagur2 nang akka Pinompar na,alai faktor umur do mambahen gabe asing panggora na, Misal au tu Manurung Simanoroni sa toho na jou akkang do alai alai diginjjang umur ma jadi gabe iba ma manjou Uda, jadi dang alani penomoran. Ido na somal terjadi, mungkin alani SIPOLINPOLIN..

    Mungkin molo penomoran di pakke akan lebih rancu do tu akka penyebutan,alana Manurung adong tolu, jadi menghitung akka pinompar na tu toru gabe di bahen penomoran secara Universal gabe rancu. Alai Molo sagaris do mungkin boi ma berlaku sistem penomoran,Contoh Au molo Hutagur2 nomor 16 ma sundut hu (generasi ke 16 dari Hutagur2nya).Dan juga pernah saya ngomong ke Orang tua Manurung ketika ditanya saya jawab nomor 16 padahal dia masih keturunan Sijambang (jangga) lalu bingung kemudian dia jelaskan kalau saya itu manggil dia harus Bapa tua, sebab seumuran dengan Ortu dan yang dia lihat adalah karena saya Sompaoloan siadekan dan bila seumuran dia bilang panggil abang.

    Jadi itulah mungkin mangapa Manurung jarang memakai sistem Penomoran, tapi kurang lebih benarnya akan saya lebih bertanya lagi kepada Natua-tua. OK ya Bere Kami Sianturi..

    Kepada Appara Wilson M, boleh Pinjamin VCD. Didia do lakkam tinggal di Bekasi ? Hami di Perum Taman Alamanda Blok E4 no.29 Tambun Utara.
    Anggi Boru Nada[dap sian Dia?

    Maulite ma di hita sudena Salam SIPOLINPOLIN..

  30. Wilson Manurung berkata

    HORAS !

    Tu Abanghu JWM,

    Ima ate Abang, alani na sibuk i Abang, gabe ura lupa na adong anggina di bekasi.
    roma Abang tu jabu, manang huleon pe annon molo jumpang hita.

    Penasaran . . . #@!%^&@*&%#???!

    “MANURUNG SIPOLIN POLIN SI SADA ANAK SISADA BORU, Sauduran tu Dolok Sauduran tu Toruan”

  31. Sahala manurung berkata

    Horas, jala selamat taon baruma tu sude hita pomparanni oppui Raja Toga Manurung, marga nabonggal jala namora. Sai anggiatma sude hita on di dongani TYME laho mandiori parngoluon siganup ari asa lam tu majuna marga manurung/Patambor. Songon boa-boa di hita sasudena nungnga adong website ni manurung, nangpe sian penampilan sai adong na hurang lobi manganju ma hita saluhutna, alana holan songon parsadaan ni hita do di luat portibion. Nungnga hubahen hami web on tanpa memakai uang kas patambor. Murnido on sian hita tu hita. Jala harap situtudo rohanami sian admin mangharaphon haradeon muna mangalehon akka berita di seluruh Idonesia on na marhubungan tu Patambor baik barita sosial, ekonomi, budaya, politik dohot barita akka naasing dope. Asa boi hubahen hami di majalah Patambor naung beredar di tongani mangajana.Molo bi dikirim dohot akka fhoto namandukung kegiatan i. di kirimma tu mail@patambor.com manang majalahpatambor@gmail.com. Mauliate sian redaksi majalah Patambor dohot patambor.com. HORAS…Sahala Manurung. Mauliate

  32. Ferry berkata

    Horas ma dihamu sude

    Tarlumobi di amang boru nami Jhonny Sianturi.
    mansai las roha manjaha komentar muna i, tarlumobi ma tu tarombo ni Raja Toga Manurung.Diingot hamu do hami tulangmu. Horas

  33. fredrick manurung berkata

    horas,
    aku manurung hutagurgur,generasi ke-20, cucu ompu si tio..
    di jakarta (par bintaro)

    ada istilah “makin besar suatu komunitas maka makin besar pula tendensi perpecahan di dalam nya”,
    tp hal ini syukur tidak terjadi pada kita turunan Manurung. sekalipun byk pertengkaran di tubuh keluarga kita, tapi kita tetap satu sbg anak n boru Manurung.

    ada beberapa hal yg ingin saya tanyaikan dan mohon di jawab bila tahu.

    1. saat opung saya meninggal, saya melihat seekor katak(kodok) yg mencaba masuk ke rumah, dan saya hendak mengusir nya, lalu di larang oleh salah satu abang sepupu saya. “jangan di usir katanya”. lalu kemudian saya mengikuti pemakaman opung boru(br manurung) teman saya, ada katak yg naik ke atas tana kuburan tersebut. dcoba diusir tp tdk mau, lalu pergi dengan sndirinya.
    yg ingin saya tanyakan adalah: apa dan bagaimana “kisah” marga manurung dengan hewan “katak”?
    (saya sempat dengar secara samar2 kisahnya)

    2.di atas ada marga manurung yg beristri boru Nadapdap yg nota bene keturunan dari silahi sabungan yg adalah bere dari manurung.
    apakah marga manurung bisa mar siambilan dengan bere2 nya?

    sekian trima kasih.??
    mohon di jawab.

  34. Samuel Manurung berkata

    Wah abang ampara namanya ya?? Keren banget situsnya bang jadi aku tahu Manurumg yang ada di Jakarta, Aku Simanoroni bang jadi AKu manggil abang aja ya?? hehe AKu mau tanya sama Marga manurung yang udah buka web ini, Ada gak yang punya Tarombo dari opung kita yang 1 Raja Mangarerak Mangatur sampai kita sekarang ini?? Aku penasaran banget bang!! THx Horas

    Samuel Manurung

  35. cie cie berkata

    saya baru tau banyak tentang marga manurung dari sini.
    sebenarnya saya mencari seseorang yang sudah lama tak jumpa, saya bingung mau cari kemana? saya cuma tau namanya saja Aris Feris Manurung.
    kabar terakhir dia nikah dan pindah ke kampung halamannya. tapi saya tidak tau dimana itu.
    yang saya tau biasanya oran batak itu ada yang namanya perkumpulan marga, siapa tau saya bisa dpt informasi dari situ, bagi teman2 yang bisa bantu tolong dong…
    kangen banget nich…hehehehhe
    foto juga tdk ada, tp biasanya nama orang batak itu beda2 jarang ada yang sama.
    bagi teman2 yang tau please dong infonya,mungkin dia tinggal di daerah samosir, kalo tdk salah.
    kalo ada info tolong beritahu di e-mail meli_ppic@yahoo.com

  36. cagsclato berkata

    treomb ,
    buy diazepam online, carisoprodol, buy viagra on line, buy phentermine cod, order levitra, generic meridia, prozac drug,

  37. DEDI MANURUNG berkata

    HORAS MA DIHITA AKKA MARGA MANURUNG
    NA ADONG DIPORTIBION……………
    ANGIAT MA MANURUNG UNITED GABE PARSADAAN DIHITA PINOPPAR NI MNURUNG DISALUHUT PORTIBION
    HORAS
    DEDI MAANURUNG
    WAMENA PAPUA

  38. jimmy manurung berkata

    kalau ada urutan tarombo marga manurung bang.thanks

  39. Horas buat kita Pinompar Manurung semua..

    Salam sipolin-polin..

    Mengenai Tarombo Marga kita ya seharusnya semua kita harus tahu, kalau yang jadi pasti gak ada dijual..
    Tapi kalau Tarombo secara umum dari siraja batak itu ada dijual, dari situ aja kita menarik garis marga kita bisa kok..

    Misal Raja Nairasaon punya anak 2 yaitu Raja Mangarerak,dan Raja Mangatur. Raja Mangarerak Punya anak laki 3 ( 2 boru, 1 ke Raja Tambun, 1 ke Raja Turi sianturi ), ke -3 nya yaitu;
    1. Manurung Hutagurgur
    2. Manurung Hutagaol
    3. Manurung Simanoroni

    Selanjutnya masing2 menarik ikutkan garis Ompungnya ke KITA nya.Pasti ketemu, lalu susunlah Silsilah itu buat dengan ketikan Komputer lalu laminating, jadi sudah..

    Tetapi kalau membuat silsilah dari ketiga Ompung sampai ke KITA masing-masing repotlah kita gak saling tau ompung berikutnya kebawah dari masing2 sundut/tali segaris ompung.

    Tetapi perlu dipikirkan oleh para tua2 kita yang ada di Kepengurusan Patambor Indonesia, untuk membuat dan menerbitkan ini sehingga kami2 Pinompar Toga Manurung yang muda2 ini gak lupa Tarombo Marga sendiri, tetapi sebenarnya VCD tentang ini sudah ada dari Patambor cuma masih kurang lengkap kebawahnya..

    Sekianlah buat kita semua Dongan tubuhku Manurung,ito,bere dan Ibebere .. Salam Sipolin-Polin Horas..

    kunjungi Website saya
    http://www.mediatogamabekasi.blogspot.com

  40. nathan andrew berkata

    salam sipolin-polin………

    santabi ampara john……
    ia anak ni ompungta raja mangarerak, dada tolu alai sada do(anak sasada) ima siRAJA MANURUNG. anak ni si raja manurung do na tolui, ima sihutagur-gur, sihutagaol, dohot simanoroni

    ia manurut ahu….
    umbahen na dibahen ompungta siraja manurung motto manurung “sipolin-polin”, sisada anak sisada boru, alana anak sasada do ompungtai, ido umbahen na dibahen ompungtai i, asa sada do hita manurung songon ompungtai, “anak sasada”. nasojadi adong marga na asing dibagasan manurung i.
    botima, mauliate
    HORAS
    salam SIPOLIN-POLIN……….

  41. nathan andrew berkata

    salam SIPOLIN-POLIN………

    molo ahu sian sigaol(porsea) do ahu,
    pinomparni ompui suhutagur-gur (hutagur-gur sompa oloan, pinompar ni raja manaluntum, ompung dagar) alai nuaeng ahu ndang di porsea(sigaol) be, nunga borhat tu medan laho patarushon singkola,

    ba molo adong nanaeng mananda lebih tangkas… boi hita bungka i friendster gogo_nathanandrew@manurung.com
    botima saotik perkenalan sian ahu. mauliate

    salam SIPOLIN-POLIN……….

  42. nathan andrew berkata

    to lae si rajaturi(SIANTURI)

    molo menurut ahu natumagonan do dang panghe penomoran,
    memang denggan do penomoran i, binoto sundut niba dohot tarombo niba. alai adongdo hurangna molo panghe penomoran,
    misalna. nomor 17 naposo bajar-bajar dope(mungkin ompungna antar maol marhasohotan), pajumpang dohot nomor 18 naung lumayan tua, tar dok ma nunga marpahompu. jadi sinomor 17 inghon manjou anaha do tu nomor 18 nanghin, mungkin nomor 18 nangkin manjou uda tu nomor 17 dang pola beha, alai molo si nomor 17 manjou anaha tu nomor 18, nunga hurang tamana, jala ndamng pas be pan dohan i.

    alai molo somngon hami na so mambahen nomor, bebas do hami manjou sesuai adat na marlakku di hita batak. molo hira satorbang dope bajinou ampara manang abang manang adek, molo nunga hira hira marumur (hira dao di ginjang niba) jinouma bapatua molo hira tumua sian damang manang ompungna nunga siangkangan, jinouma uda molo hira hira umposo sian damang manang ompungna siampudan. tar songon ima. horas………….

  43. Salam Sipolin-polin buat kita semua pinompar Toga Manurung..

    Koreksi dari apparaku Nathan A,Yap.. itu benar appara kesilapanku saat mengetik tidak saya koreksi dulu baru diposting. Terimakasih appara..

    Kalau saya Manurung Hutagurgur Sompaoloan juga dari ompu raja Dompak mauli.( ayo siapa Siadekan/siabangan he..he..? )

    Sukses terus dalam studynya ya..
    Mari kita dukung SDM Manurung untuk eksis baik dilegislatif (Caleg) maupun di Eksekutif (calon Bupati Tobasa 2010, uda Edison Manurung).

    Ok sampai jumpa lagi dilain waktu, Horas !!

  44. nathan andrew berkata

    salam sipolin-polin

    tu bang jhonny……
    manjou abang do iba, alana siampudan do hami manaluntum.
    horas ma abang……
    salam si polin-polin

  45. Wilson Manurung berkata

    HORAS ma dihita saluhutna, angka Haha/Anggihu,

    Tu abang hu Nathan Andrew, sian sigaol do abang ate.
    molo so sala ahu adong do disi tugu ni ompungta siampudan, na lupa do ahu goarni tugu ompu i.

    Molo ahu Hutagurgur(Tuan Sogar), sian Janjimatogu.
    jala paribanhu do abang Jhon Wisly, dangi abang ? ha.. ha..

    “MANURUNG SIPOLIN POLIN SI SADA ANAK SISADA BORU, Sauduran tu Dolok Sauduran tu Toruan”

  46. nathan andrew berkata

    “salam sipolin-polin”
    tu anggi niba wilson.

    ido daba anggia…
    disigaol “hutagur-gur” do ahu songon goar ni ompungta i si hutagur-gur, asa tanda hami na “sihutagur-gur”
    adongdo nean disi manurung simanoroni, dohot sihutagaol.
    ba dibahen madisi tugu ni ompungna. ianggo tugu ni simanoroni dang adong disi…..
    horas
    salam “sipolin-polin”

  47. nathan andrew berkata

    RAJA MANGATUR :
    A.RAJA MANURUNG/SIBORU HUTA NA HOT
    B.SIBORU NA ILING(MILING-MILING)/TUAN SILAHI SABUNGAN

    lae raja turi ia ompung nami ndada raja mangatur alai raja mangarerak do. umbahen ido umbahen na gabe rerak hami di luat indonesia on.

    jala sada nai, soripada ni ompung nami siraja manurung siboru huta nahot br BOR-BOR/MANANG NUAENG NAGABE MARGA PASARIBU

  48. mediapatambor1378 berkata

    Salam Sipolin-Polin !
    Horas..

    Salam sejahtera dan sukses selalu buat kita Pinompar Ompui Raja Toga Manurung..

    Buat Anggi Nathan A, benar koreksinya terhadap tulisan bere kita Raja Turi, bukan Raja Mangatur tapi Raja Mangarerak. Sayapun baru baca dengan seksama tulisan itu.
    Ngomong2 di Medan Kuliah, semester brapa sekarang? Semoga sukses trus, dan berbuatlah yang baik buat Bona Pasogit kita..

    Buat Anggi Bapak Clara salam CS trus, sehat do borutta ? Molo borutta Margareth sehat do lam bijak bah, ketemu diarisanma sogot Ate, unang lupa bawa Modal tebal he..e..he.. BENTO !!

    Buat semua Manurung yang ada dimanapun mari kita mendukung setiap langkah dan cita2 dari SDM Manurung tuk berhasil baik di legislatif maupun eksekutif atau bidang profesi lain. Sebab keberhasilan mereka adalah kebanggaan kita juga, ingat Caleg dari Manurung Hampir 60 tersebar diseluruh INA berjuang mari doakan dan dukung mereka. INGAT KITA ADALAH SIPOLIN_POLIN..

    Maju trus Manurung, SAATNYA KITA TAMPIL !!..

    Mauliate…

  49. Jhonny SianRajaTuri berkata

    HORAS MA DI ANGKA RAJA I, DA TULANGHU !

    Jumolo pasahat tabi bere/anak ni hambing muna on, tu hamu sude angka da tulang.
    Tarsingot ise do na mamompar ompungta RAJA MANURUNG, RAJA MANGATUR do manang na RAJA MANGARERAK adong do dua rumang(dua versi) na hu boto. Versi na parjolo i ma napasahat i, dohot versi na paduahon i ma na pinasahat muna i tulang.

    Di angka tulanghu Marga Manurung pe na hea husungkun adong do tong dua rumang(versi) na marimbar(berbeda).
    Alani tulang jumolo sahali nari bere muna on marsantabi molo tung adong na marhurang-lobi diangka na hupasahat di website on.

    Adong do dalanna tulang di baenna hupasahat tu hamu, molo na mamompar ompungta Raja Manurung i ma ompungta Raja Mangatur.
    Ai adong do sian ompung Raja Manurung siahaan (Raja Huta Gur-gur) sian horong Tuan Sogar na mamangke goar ” RAJA MANGATUR II “.
    Jala muse sian piga-piga tulanghu marga manurung na hea husungkun, tarombo na songon na ginjang i do na pinaboa nasida tu au. Muse tulang molo ta bereng tarombo bolon ni halak batak tong do adong dua tolu versina.

    Songon i ma jolo na boi hupasahat tu hamu angka tulanghu, molo adong na marhurang-lobi jumolo bere muna on sahali nari marsantabi.

    HORAS JALA GABE MA DISALUHUT POMPARAN NI RAJA MANURUNG !

    • MangaraT.Manurung berkata

      Horas matutu, nang di hamu Bere nami Pomparan ni si RajaTuri.
      Taringot Tu Raja Mangatur adong doi Amangboru di hami Tulang muna, alai asa unang sala hita, manurut na huantusi hami songonon ma partordingna :
      Ompunta Toga Manurung anakna 3 (1. Raja Huta Gurgur, 2. Raja Huta Gaol, 3. Raja Simanoroni.)
      Raja Huta Gurgur, anak na 4. (1.O. Banua Luhung, 2.Torpa ni Aji, 3. Sibatu Nanggar, 4. Parpinggol Lobelobe)
      O. Banua Luhung Anak na 2. (1. Patuan Djong, 2. Raja Mangatur)
      Raja Mangaturanak na 7 ( 1. O.Raja Naualu, 2. O. Raja Patubamban,3. O.Ni Unggul,4. Raja Si Jambang,5. Sompa Oloan,6. Patuan Sogar, 7. Raja Humontor.Songoni ma Amang boru, alai na Mamopar sian ginjang ( anak ni Narasaon, iama Raja Mangarerak ) Mauliate nahurang lobi Tuhanta ma napasingkophon. Horas !

      • Harmon B Manurung berkata

        Horas ma di hita sude. Ia au pomparan ni Ompungta Op.NiUnggul,sonari tinggal di Bagan Batu. Tung na malo ma tutu Oppungta mambaen poda tu hita pinomparna.Manurung Sipolin-polin,sisada anak sisada boru. Anggiatma nian boi ta laksanahoni di kehidupanta sehari hari,unangma nian dongan tubu i holan dongan mekkel,alai ikkon boi manian dohot dongan tangis. Unang songon namasa na hea hu bereng di Bagan Batu on,molo dison nga maol luluan dongan tubu na boi dongan tangis. Appara,taringot tarombo i,ido na pas tu au

  50. chris manurung berkata

    Horas!Wahhh..bangga kali aku ini akan keberadaan kita,sebagai keturunan Raja Toga Manurung.Ada pertanyaan dan pernyataan pasti ada jawaban dan tanggapan,semua dibuat dalam suasana persaudaraan dan keakraban seolah-olah kita seperti sudah mengenal satu sama lain.Berarti perbedaan yang ada biarlah itu tetap ada selama itu tidak memicu perpecahan dan pertentangan diantara keturunan Ompunta Raja Toga Manurung.

    I)Penomoran. Penomoran dalam silsilah di marga Manurung bukanlah sesuatu yang mengingkari atau mengkhianati motto “Manurung Sipolin-polin Sisada Anak Sisada Boru”.Ini tetap diperlukan,walaupun bukan harga mati atau sebagai suatu keharusan.Namun kita harus memandangnya sebagai elemen pendukung “Dalihan na Tolu”bukan sebagai pengotak-kotak diantara kita marga Manurung.Kita bukan meniru marga2 lain,yang lebih akrab dengan istilah penomoran tsb.Kita bisa kokk..dan memang sudah ada dari dulu penomoran itu.Memang sihh..kita bisa selama kita juga memperhatikan nilai2 dan norma2 yang ada di adat dan budaya Batak,sehingga hal tsb dapat diterima.

    II)Raja Mangarerak,Raja Mangatur atau Raja Mangarerak Mangatur??..

    Memang adalah hal yang lumrah bila ada perbedaan versi pada tarombo Raja Toga Manurung.Saya mau katakan hal tsb memperkaya data2 sejarah marga Manurung.Perbedaan sepeti ini ada ditiap-tiap Marga di Halak Batak,karena dahulu ompung2 kita tidak mengenal sistem pendokumentasian dan pengarsipan seperti saat ini.Ditambah lagi mereka dahulu lebih suka mencatat hal2 yang berhubungan dengan hadatuon,habisuhon,porhalaan dan yang bersifat superstisi.Kalaupun ada mengenai legenda2 kuno itupun sedikit yang dituang kedalam bentuk tulisan(aksara).Apalagi mengenai tarombo atau silsilah,lebih mengandalkan penyampaian secara lisan atau mulut ke mulut.Barulah pada abad dimana orang 2 Batak mengenal tulisan latin,maka dituangkanlah pada bentuk tulisan latin tsb.Tetapi,karena budaya lisan itulah,maka orang2 Batak tempo dulu memiliki ingatan yang kuat akan seluk beluk mengenai sejarah,tarombo serta adat istiadat Batak.
    Raja Mangarerak adalah gelar yang diberikan kepada nenek moyang kita,karena nama kecil atau asli tidak diketahui,atau dahulu adalah tabu menyebut nama asli dikalangan orang Batak.
    Didalam buku daftar keluarga di PATAMBOR Jakarta Timur,disitu disebutkan nama Raja Mangarerak Mangatur sebagai ayah Raja Toga Manurung.Tarombo tsb disalin dari Tarombo Raja Toga Manurung seIndonesia dan sudah disahkan.

    Didalam salinan tarombo Raja Toga Manurung,yang ada pada keluarga besar Guru Solondungon Manurung,disitu tertulis bahwa Raja Mangatur adalah ayah dari Raja Toga Sitorus,Raja Toga Sirait dan Raja Toga Butar-Butar,padahal ada beberapa tarombo yang menyebutkan Raja Mardopang atau Raja Sitorus I sebgai ayah dari ketiga marga diatas.Kami masih memegang salinan Tarombo ni Raja Toga Manurung dan Raja Nairasaon yang adalah salinan ulang dari Rapat Raja2 Adat ni Marga2 pomparan Raja Nairasaon yang dilaksanakan dua kali tahun 1931 dan 1937 di dua tempat yaitu Bonggung,Uluan ??..dan Hatinggian,tempat bermukimnya pomparan Ompunami Raja Siarsam Manurung dan Ompu Boru Dorma boru Gultom Tujuan Laut.Salinan tersebut sampai ketangan kami berkat usaha Amangtua nami Ompu Tarida Uli Manurung (nahinan).

    III)Raja Mangatur…Saya masih ingat ketika saya masih duduk di bangku SMP,saya pernah membaca surat kabar harian dari Medan yang memberitakan pesta Tugu Raja Mangatur yang dikatakan sebagai ayah dari Raja Toga Manurung.Saya juga pernah mendapat informasi mengenai Raja Mangatur II yang dilingkup tarombo dari Raja Hutagurgur.Menurut saya pemberian nama tsb pasti ada kaitannya dengan nenek moyang sebelumnya.Hal seperti ini juga adalah hal yang biasa di orang Batak dahulu kala,dan ini bisa ditemukan di marga2 lain juga.Artinya tarombo yang memuat Raja Mangatur sebagai ayah dari Raja Toga Manurung mungkin tidak keliru.

    IV)Amangboru Siraja Turi (Sianturi).Horas Amangboru!poso dope ho songon na nidok mi tu hami i angka Tulangmu,alai salut do ahu tu parbinotoanmu mengenai tarombo ni angka Tulangmu.Mengenai sungkun2mu na tu hami mengenai tarombo na sian tulangmu,Ompunami SiRaja Simanoroni,songonna sulit, mangingot ai holan angka pinompar baoa (lahi2)do na tarsurat di tarombo nami.Alai yakin do ahu,boi do sungkun2 ni bere nami terjawab.On ma tarombo singkat ni ompunami SiRaja Simanoroni(VERSI PRIBADI)

    Datu Pejel—Raja Nairasaon(MangarerakI)— Raja Mangatur(Mangarerak II)— Raja Toga Manurung — 1)Raja Hutagurgur/2)Raja Hutagaol/3)RAJA SIMANORONI

    RAJA SIMANORONI—1)Raja Parminta/2)TUAN RIA SIBATU—JANJI DABOLON—TUAN RIA SIBUNTUON—RAJA SIARSAM—RAJA NASORTA—RAJA SIARSAM—GURU SOLONDUNGON

    Adong do kemungkinan namboru nami siBoru Harinuan boru Manurung,i ma iboto ni Tuan Ria Sibatu dohot Raja Parminta,atau boru ni salah satu dari ompung nami nadua i (Tuan Ria Sibatu & Raja Parminta).Jadi molo ndang mengena do pe pemaparan niba di roha Amangboru nami,boi do hamu manungkun tu salah satu natua2 ni marga Manurung na adong duduk di dewan adat ni PATAMBOR Jakarta Timur,i ma Arifin Manurung/br Siagian (Santabi,Amanguda!!).Saulaon do hami dohot Amanguda on di Punguan Pomparan ni Ompu Tuan Ria Sibuntuon Manurung se-Jabodetabek.

    Walaupun kita berbeda persepsi dan latar belakang,mari kita tetap bersatu saling mendukung sebagai sesama keturunan Raja Toga Manurung.Sukses selalu untuk kita semua dan Tuhan memberkati.HORAS,3x

    • heinz mhanroe berkata

      saotik amanguda, boasa digoar Raja Mangatur II; ala di ginjang nunga adong namargoar Raja Mangatur ima ompuni apparatta sahali tubu sitorus. jadi asa unang keliru namanjaha dibahen ma Raja Mangatur II. napinatupani jolma nuaeng doi… raja Mangatur II nanidoknai ima Raja Mangatur anggini Patuan Jong.

  51. nathan andrew berkata

    tu : haha niba mediapatambor1378

    santabi bah abang…..
    molo boi nean ta bahen ma goarta asa tanda hita, molo songon on, so binoto beha bahenon manjou. botima

    ima bah abang anggo ahu nuaeng semester 2 dope di Universitas HKBP nommensen.
    molo tona ni abang i, si anggiatma bah….
    tangianghon abang ma.
    horas
    “SALAM SIPOLIN-POLIN”

  52. mediapatambor1378 berkata

    Salam Sipolin-polin..

    Horas ma anggi, nunga ditanda lakkam ahu via internet on. Ima goarhu JWM,Paribanku Ma Wilson M.

    ido, taringot tu samaran i na lao patanda on do ima adong blog hubaen jadi i goar ni web na.

    http://mediapatambor1378.wordpress.com

    Mauliate ma tu akka dongan tubu dohot lae/amang boru Turi/raja sianturi. Memang menarik do ulasan ta on, alai songon na ni dok appara Chris memang adong do piga versi alai molo sa sintong na memang ikkon teliti do on.
    Nang pe songoni rap menggali dohot manukkun ma jo iba tu akka natua2 na adong ate.

    Jadi songoni ma jo ate tu akka dongan na adong di forum on, mauliate..

    Horas,Salam sipolin-polin..
    Ingat tinggal 17 hari lagi mari dukung dan pilih Caleg dari Manurung…

    SAATNYA MANURUNG TAMPIL !!..

  53. Jhonny SianRajaTuri berkata

    HORAS MA DITULANNGHU CHRIS MANURUNG !

    Santabi tulang, ndang Raja Turi au, amangboru muna ompung nami i.
    I ma Raja Turi/Anian Na Uli na mamompar sude bere muna marga Sianturi.
    Jumolo hupasahat mauliate godang tu hamu tulang diinformasi na dilehon muna tarsingot tu ompung boru Harinuan.

    Molo tarombo na husurathon diginjang adong do i di tano Sibisa asal ni Raja Manurung, laos adong di si Tugu dohot Sahan ni Ompung Raja Manurung.
    Di tugu na di Sibisa adong do patung ni Ompung Boru Na Iling (Similing-miling) manghunti aek na sian Mata Mual Si Mata Ni Ari.
    Jala adong do Tano Pauseang dipasahat Ompung Raja Manurung tu angka boruna. Tu pomparan ni ompung Tuan Silahi Sabungan i ma tano na disekitar bandara Sibisa. Molo tu pomparan ni Raja Turi (Marga Sianturi) i ma tano na di bagasanna adong Mata Mual Si Mata Ni Ari. Laos i ma dalanna umbahen na dibahen da ompung Raja Turi/Anian Na Uli goar ni anakna siampudan Lumban Mata Ni Ari, asa marningot ma sude angka pomparanna tu angka da tulangna pomparan ni Raja Manurung.

    Molo tarsingot tu Ompung Raja Mangatur dohot Raja Mangarerak, adong do turi-turian ni ompung na dua on.
    Mangihuthon turi-turian(cerita) na hea hubege sian angka tulang Marga Manurung, ompung na dua on SILINDUAT (Anak Kembar) do.
    Ndang binoto ise do Siahaan manag Sianggian.
    I do na mambahen gabe dipasada goar ni ompungta na dua i, Raja Mangatur Mangarerak manang Raja Mangarerak Mangatur.
    I do dalanna sipata goar ni ompung Raja Mangatur dibahen dijolo, sipata muse goar ni ompung Raja Mangarerak dijolo.
    Dibahen ma songon i ala so adong be na mamboto tangkas (mengetahui dengan jelas) ise do ompungta na dua i PARJOLO TUBU.

    HORAS MA DI TULANGHU MediaPatambor1378 !

    Marsantabi au tulang sahali na ri, ai ndang RAJA TURI au tulanghu, Si Jhonny do goarhu.
    So tung muruk annon Amang Boru muna Raja Turi tu au.
    Ai dipangke hamu goarna laho manjou au bere muna on. ( ha..ha..ha ..) Na margait-gait do au tulang.

    Songon i ma jolo na boi hupasahat tu hamu tulang, molo adong na marhuranglobi, marsipatingkosan/marsipadengganan ma hita tulang.
    Sahat jalang tabi dohot jalang parhorasan tu sude angka tulanghu pomparan ni Raja Manurung.

    HORAS JALA GABE MA DISUDE POMPARAN NI RAJA MANURUNG !

  54. mediapatambor1378 berkata

    Horas Salam Sipolin-Polin kepada semua Dongan Tubu,ito,bere/ibebere dan lae dan amangboru yang selalu setia megitu Forum ini..

    Laeku Jhonny Sianturi,uda tau nya kita namanya itu tapi karna kami senang memanggil nama amangboru itu sekalian aja kami sebut,ia khan Cs biar tambah erat hubungan ini sampai kapanpun.Bahwa Sianturi adalah Ponakan Manurung, bukan begituuuuuu…he..he..

    Untuk komentar lae itu saya sangat apresiasi sekali, banyak sekali pemahaman lae yang dalam tentang Marga tulangnya yang dimana kami sendiri mungkin tidak tau/menguasainya.
    Seperti cerita diatas memang benar itu ada, dan beberapa kali saya dengar tentang hal itu waktu saya kecil.Itulah karna ini semua dulunya dari Ompung kita disampaikan secara lisan jadi bukti otentik mengenai ini dalam bentuk salinan tidak ada jadi harus diteliti keakuratannya.Memang Uda Chris bilang sudah pernah ada pertemuan dan kesepakatan yaitu pertemuan 1931 dan 1937 itu,jadi mungkin dokumen tentang Tarombo Manurung yang kami pegang adalah hasil keputusan itu.

    Tapi tidak apa gak jadi masalah khan, biarlah kebenaran sejatinya itu tetap berdiri,dan yang sekarang adalah mari kita rekatkan persaudaraan diantara kita ” Halak Batak ” secara umum dan khususnya kita Keturunan Raja Toga Manurung Boru,bere dan ibebere agar Eksis kedepannya..

    Horas buat kita semua ….

  55. chris manurung berkata

    “SELAMAT PASKAH” untuk semua warga Parsadaan Pomparan ni Raja Toga Manurung dohot Boruna yang berada dimana saja.Tuhan Yesus memberkati! Horas!

  56. nathan andrew berkata

    Salam sipolin-polin

    HAPPY EASTER

    TUHAN YESUS MEMBERKATI KITA SEMUA

    Semoga semangat paskah melekat dihati kita semua…….

    AMIN

  57. Horas salam Sipolin-Polin..

    Slamat Paskah Buat Kita semua Parsadaan Pomparan Toga Manurung.
    Kelahirannya membawa Damai bagi Dunia, KematianNya membawa Kabar Suka Cita bagi Dunia.

    SLAMAT MERAYAKAN PASKAH BAGI KITA
    SEMUA YANG DIKASIHINYA..

    Salam Patambor..
    Sukses selalu..

  58. Salam sejahtera,

    Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan kita Yesus Kristus, dimana sampai saat ini kita masih diberikan kesehatan dan hidup.

    Buat semua pomparan ni Toga Manurung, semoga Kasih Tuhan Yesus Kristus menyertai kita semua, saya juga sangat senang sekali adanya blog Manurung United ini, sehingga dapat memberikan informasi dan semakin mempererat sesama kita, saran saya, yok kalau kita rindu supaya Manurung united ini agar bisa membagi kasih, misalnya kita kalau jika ada saat ini diberikan Tuhan kesempatan duduk disatu jabatan yang baik,kalau boleh jika ada yang saudara kita yang kurang beruntung yok kalau bisa kita bantu ya dibantu ,supaya tanda kita marsaudara lah.mungkin ada juga manurung yang kurang pas marijuga kita dorong supaya mereka bisa maju, MAJULAH MANURUNG UNITED, sekilas info, bukan manggurui, mauliate.

    sekianlah

    Horas
    021-7783-0278 ( Depok )

  59. nathan andrew berkata

    horas…….

    Myspace Friends Comments

  60. Mohon untuk kebaikan dan sebagai panduan di masukkan akar urutan turunan husus marga kita paling ninimal lima turunan dari atas untuk baiknya semua . trimakasih .

  61. tobadreams berkata

    http://tobadreams.wordpress.com/2009/06/07/kalau-indonesia-berperang-dengan-malaysia-bagaimana-sikap-peranakan-batak-mandailing-di-sana/

  62. nathan andrew berkata

    horas…..

    Myspace Friends Comments

  63. Berlin manurung berkata

    Horas jala gabe ma di hita pinompar ni Oppunta
    Horas,BapaTua,Bapa uda,abang. asal dari dolok nagodang porsea. manurung polin-polin berkah buat marga manurung semua,saya bangga akan marga manurung. marga manurung klau bersatu memang bagus, tapi klau manurung bersatu menanam pohon dan membuat pemersatu tentang lingkungan hidup dan melestarikan budaya. kemungkinan manurung jadi orang bijak dan arif. menyatukan diri dengan alam semesta.

  64. yesi.manurung berkata

    Syalom,,,,Horas,,, ma di hita sdena pomparan ni Raja Manurung..
    Salam knal dr sya,Yesi br.Manurung,sya lahir di p.Siantar.
    Sya sgat stuju dgan smua kritik dan sran para Ito”sya dan kka sya’ yg di atas,kt sebagai pomparan raja manurng hrs slg menghargai dan tolong menolong dan yg terutama memperkuat tali persaudaraan khusus bt kt keturunan Manurung.
    Saya berhrap bt Ito maupun kka” yg ada di tnh perantaun khusnya pomparan Manurung,jgnlh pernah meninggalkan taromboh hlk batak terutama mengenai marga.
    Dan ttplah di bw derajat dan martabat Manurung.
    Buet perantaun yg berada di luar ngri,Hrp ingt sllu Bona Pasogit kita Manurung…
    Trim”z dr sya n Horas,,,,,,,,,

  65. Horas buat kita Manurung, mari kita dukung dongan tubu untuk membangun Tobasa lewat Pilkada Tobasa 2010. Semoga dongan semarga kita dapat berbuat yang terbaik dan sesuai harapan masyarakat, Mari kita dukung lewat doa dan support untuk dongan tubu kita Drs. Edison Manurung,MM.Horas salam sipolin-polin…

    Klik http://www.mediapatamborindonesia1378.wordpress.com

  66. Horas buat kita Manurung, mari kita dukung dongan tubu untuk membangun Tobasa lewat Pilkada Tobasa 2010. Semoga dongan semarga kita dapat berbuat yang terbaik dan sesuai harapan masyarakat, Mari kita dukung lewat doa dan support untuk dongan tubu kita Drs. Edison Manurung,MM.Horas salam sipolin-polin…

    Klik http://www.mediapatambor1378.wordpress.com

  67. Yesi.Manurung berkata

    Horassss,,,,Ito,sya mo tnya.
    Ito,jhon orng mna????n Manurung ap????
    Btw kpn tu To,Pilkadanya?????

  68. Horas juga ito, salam sipoli-polin buat kita semua Pinompar Ompu Toga Manurung. Sukses selalu..

    Jelasnya saya ito orang Batak Marga Manurung, Ya khan he..he..( kayak mbah Surip ketawanya, canda !! )

    Saya Manurung Hutagugur ito, Raja Sompaoloan dari Narumambing Porsea. Kalau asal udah lahir di Pagurawan Kab. Batubara, tinggal di Bekasi.

    Tentang Pilkadanya 2010, mungkin bulan April. Mari kita dukung Saudara kita dongan tubu lewat doa dan support melalui keluarga besar kita yang ada di Bona pasogit Tobasa. Agar dapat terpilih untuk bekerja dan melayani masyarakat Tobasa untuk lebih baik kedepannya.Dukungannya sangat diharapkan ito..

    Ok salam damai buat kita semua, semoga sukses dan jaya selalu..
    Majulah trus…
    Salam Patambor Sipolin-polin !..

  69. Yesi.Manurung berkata

    Horas,,,
    Ohhh,,,ternyata Ito manurnug Hutagurgur Yach,sm donk Ito.
    Saya jg manurung Hutagurgur(ktnya sich Air yang bru mendidih heeee)
    Jd Ito tinggal di bekasi,,,udh lm yach Ito???
    Btw sring nda plkm ke Bona Pasogit????
    Benar kt hrz sling mendukung dlam pilkada yg akn dilaksanakan thn dpn.
    Ocey dech mga sakses smua bt pomparan marga manurung
    Slm,,,,n

    ” gbu”

    Horassss…..

  70. Salam sipolin-polin..

    Terimakasih ito,semoga sukses selalu bersama kita semua, untuk itu marilah bersatu dan saling mendukung satu sama lain di kita Pomparan Raja Toga Manurung, sesuai Tona ni Ompung yaitu ” Sipolin-polin “, artinya sisada anak sisada boru. Arti secara khusus bersatu padu dalam kesatuan tanpa membedakan Manurung apa dia dan darimana.

    Masalah pulang jarang ito, tapi Desember rencana pulang ada sebab ada acara dikampung. Di Bekasi hampir 7 tahun.

    Ok salam damai, tuk semua. tolong akses http://www.mediapatambor1378.wordpress.com

    Mauliate..

  71. tobadreams berkata

    LOMBA KARYA TULIS TOBALOVER :
    Jurus Baru Penyelamatan Danau Toba

    TOBALOVER, sebuah komunitas berbasis jejaring sosial Facebook, akan menyelenggarakan Lomba Karya Tulis (LKT) bagi pelajar SLTP dan SLTA di tujuh kabupaten seputar Danau Toba. Lomba berhadiah total Rp 25.000.000 ini, bertujuan menanamkan sejak dini kepedulian terhadap pelestarian Danau Toba dan lingkungan sekitarnya.

    Bersamaan dengan penyelenggaraan lomba ini, TobaLover berencana mengadakan program pelatihan singkat bagi para penggiat dan relawan lingkungan di tujuh kabupaten tadi. Tujuannya untuk membekali mereka dengan pengetahuan dan strategi mengedukasi masyarakat. Program ini akan diberikan oleh Yuyun Ismawati, penggiat lingkungan di Bali yang belum lama berselang mendapat penghargaan internasional Goldman Environmental Prize 2009–yang sering pula disebut sebagai Nobel Lingkungan.

    Menurut Ketua Panitia LKT Tobalover, Robert Manurung, lomba bertema “Danau Toba Yang Kucinta” ini mencakup tujuh kabupaten yang bersinggungan langsung dengan Danau Toba, yaitu Simalungun, Tanah Karo, Tobasa, Tapanuli Utara, Samosir, Humbang Hasundutan, dan Dairi. Lomba ini berlangsung sejak 21 Agustus hingga 1 Oktober 2009. Pemenangnya akan diumumkan tanggal 22 Oktober, sedangkan penyerahan hadiah dilaksanakan pada perayaan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2009.

    ”Kita menyadari, upaya penyelamatan Danau Toba tidak akan berhasil selama penduduk setempat hanya sebagai penonton atau pelengkap penderita seperti selama ini,”jelas Robert Manurung seraya menegaskan, ”Melalui penyelenggaraan lomba ini, kita ingin mendorong tumbuhnya kepedulian di kalangan remaja dan pemuda di tujuh kabupaten itu untuk melestarikan Danau Toba dan lingkungan sekitarnya.”

    Ditegaskannya, melalui lomba ini TobaLover ingin mendorong upaya penyelamatan Danau Toba menjadi bersifat bottom up. “Jurus baru” ini diyakini lebih layak diandalkan dan diharapkan dibanding pendekatan top down, yang sifatnya elitis dan sarat KKN seperti dianut selama ini. “Kenapa sebelumnya tidak pernah diadakan lomba semacam ini ? Karena sumber dana organisasi-organisasi penyelamatan Danau Toba adalah pihak-pihak yang secara langsung maupun tidak langsung ikut merusak danau itu dan lingkungan di sekitarnya. Makanya, dalam penyelenggaraan LKT ini, kita akan mengutamakan donasi dari mastyarakat, khususnya para pecinta Danau Toba yang berkecimpung didunia maya,”jelas Robert.

    Dalam lomba ini, peserta diminta memaparkan peranan nyata yang dapat mereka lakukan, guna mengatasi tiga masalah besar`yang menyebabkan krisis lingkungan di Danau Toba dan sekitarnya. Ketiga masalah besar itu adalah penggundulan hutan yang mengakibatkan kian menipisnya daerah tangkapan air, kebiasaan penduduk membuang sampah ke danau, dan pencemaran air danau oleh limbah pakan ikan (pelet) dari kerambah apung yang kian menjamur di sana.

    Dewan Juri lomba ini, jelas Robert, terdiri dari para wartawan, penulis, dan blogger kawakan. Ketua Dewan Juri adalah penulis novel Sordam, Suhunan Situmorang; yang didukung oleh wartawan sekaligus blogger kawakan Toga Nainggolan sebagai Sekretaris Dewan Juri.
    ——————————————————————
    KETENTUAN LOMBA
    I.Kategori :
    SMP & SMU sederajat.
    II. Syarat-syarat lomba :

    1. Terbuka untuk pelajar SLTP (Kategori 1), pelajar SLTA (Kategori 2) yang masih aktif sebagai siswa pada sekolah-sekolah terdaftar di 7 kabupaten sebagai berikut : Tanah Karo, Simalungun, Samosir, Tobasa, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Dairi.
    2. Lomba dimulai tanggal 21 Agustus dan ditutup pada tanggal 1 Oktober 2009.
    3. Setiap peserta hanya diperkenankan mengirimkan 1 (satu) karya tulis untuk dilombakan.
    4. Peserta bebas membuat judul sendiri, namun harus menuliskan di dalam naskah mana yang dipilih menjadi acuan di antara tema dan subtema di bawah ini :

    TEMA : “DANAU TOBA YANG KUCINTA”

    SUBTEMA :
    a. Yang harus kulakukan supaya hutan di sekitar Danau Tobaku tidak
    semakin gundul.
    b. Yang harus kulakukan supaya Danau Tobaku tidak menjadi tempat
    sampah dan airnya tidak semakin gatal.
    c. Tak akan kubiarkan Danau Tobaku kering.

    5.Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Diperkenankan menggunakan seperlunya istilah bahasa Batak dan harus ditulis miring atau italic.
    6.Naskah harus asli (bukan jiplakan atau saduran). Keaslian karya tulis menjadi pertimbangan utama Dewan Juri dalam menyeleksi dan menentukan pemenang.
    7.Naskah diketik atau di-print out dalam kertas ukuran A4, dengan spasi 1,5 dan menggunakan jenis huruf (font) Times New Roman ukuran 12, dengan margin rata di sebelah kiri dan kanan (justified).
    8.Panjang naskah karya tulis antara 6-10 halaman ketikan atau print out; masing-masing rangkap 3 (tiga).
    9.Naskah karya tulis harus disertai lampiran berupa :
    a. biodata dan foto peserta
    b. Fotocopy kartu pelajar/surat keterangan dari guru wali kelas.
    c. Alamat sekolah secara lengkap, disertai nomor telepon jika ada.
    d. Alamat rumah peserta dengan disertai nomor telepon yang dapat dihubungi sewaktu-waktu.

    III. Ketentuan pengiriman naskah :
    1.Naskah beserta lampirannya dimasukkan ke dalam amplop tertutup. Cantumkan kategori peserta dan kabupaten tempat sekolahnya, contoh “Kategori 1/Tapanuli Utara” di sebelah kanan atas amplop, dan kirimkan melalui pos ke :

    Panitia Lomba Karya Tulis “Danau Toba Yang Kucinta”
    Komplek Deli Sejahtera Blok XIII Nomor 122,
    Pasar V Marelan, Medan 20256.

    2. Naskah yang berhak ikut lomba adalah yang dikirimkan paling lambat tanggal 1 OKtober, dibuktikan dengan cap pos.

    IV. Hadiah bagi para pemenang :
    1. Total Hadiah yang akan diperebutkan senilai Rp 25.000.000-
    2. Karya tulis para pemenang akan dipublikasikan di surat kabar yang terbit di Sumatera Utara dan di website tobalover.com.

    V. Ketentuan lain
    Setiap naskah karya tulis yang ikut dilombakan menjadi milik Panitia, namun hak cipta tetap milik peserta. Panitia berhak menerbitkan karya-karya yang dilombakan tanpa memerlukan ijin atau persetujuan dari peserta.

    VI.Pengumuman pemenang & penyerahan hadiah

    1.Pemenang Lomba Karya Tulis “Danau Toba Yang Kucinta” akan diumumkan tanggal 22 Oktober 2009 melalui website tobalover.com, media cetak, dan radio.
    2.Panitia akan mengirimkan surat pemberitahuan resmi kepada setiap pemenang yang kemudian harus ditunjukkan oleh yang bersangkutan pada saat penyerahan hadiah.
    3. Penyerahan hadiah bagi para pemenang akan dilaksanakan bertepatan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda, tanggal 28 Oktober 2009. Cara dan tempat penyerahan hadiah akan diumumkan kemudian.

    Jakarta, 21 Agustus 2009
    Panitia Lomba Karya Tulis TobaLover

  72. anton berkata

    Wah …baru kali ini aku baca artikel menarik tentang marga ku….horas tu manurung united…aku anton manurung (hutagurgur) lahir di medan.. tp asal orang tua dari Janji Matogu, tepatnya desa lumban hariara…bicara tentang manurung wah almarhum bapak ku paling menguasai karena beliau sering menjadi pembicara dari parsadaan manurung kotamadaya medan denai untuk acara adat di medan. Keliatannya bakat tersebut tidak menurun kepada ku walau aku sudah terlalu sering diajak ke setiap acara adat. Tp aku tetap hormat dan salut pada setiap urutan kegiatan acara adat batak yang memegang teguh aturan yang telah dibuat ompung terdahulu sebagai panduan bagi penerusnya tanpa meniadakan ajaran Tuhan.

    Bagi siapa saja yang pingin bersahabat dan bertukar fikiran khususnya membantu aku secara khusus untuk lebih mendalami dan mengerti parsadaan manurung ini silahkan email ke parlinggomanantonius@yahoo.com.. saat ini aku tinggal dan bekerja di kota cikarang.

    Mauliate ma tu hita sasudena. horas n Gbu all

  73. tipo manurung berkata

    kepada apara2 dan ito2ku
    mohon kalo ada saudara semarga kita yg belu kerja tolong d bantu
    ok
    sukses manurung

  74. dedy manurung berkata

    Horas bung edison boado kbr…..?

  75. Martua Sirait berkata

    Horas!
    Di Lae Chris Manurung, pada posting nomor 50 tanggal 23 Maret 2009 menyebutkan memiliki dokumen Rapat ni Natuatua ni Pomparan Narasaon di Hatinggian pada Tahun 1937. Apakah saya bisa mendapatkan copy/salinan dokumen tersebut?

    Martua Sirait

    • Ch.Manurung berkata

      Horas ma dihita saluhutna!

      Untuk Lae Martua Sirait,senang membaca niat anda tsb.Saya katakan itu sudah merupakan salinan alias kopi entah yang keberapa kali.Namun kalo melihat kondisi kertasnya,saya rasa sudah lama juga Lae,sehingga saya sendiri mengambil inisiatif untuk melaminating agar tidak cepat rusak.Saya juga mau katakan bahwa tarombo tsb adalah kesepakatan para raja2 adat keturunan Ompunta Raja Nairasaon pada masa itu.Saya pribadi tidak terlalu berpatokan pada tarombo masa tsb,karena dikemudian hari juga ditemukan,pada tarombo kami,salah satu turunan Raja Simanoroni Manurung,Raja Mangantar/Parminta sebagai anak Raja Simanoroni Manurung selain Tuan Ria Sibatu,yang selama ini dikenal sebagai satu2nya anak dari Raja Simanoroni Manurung.Lalu yang berikutnya adalah mengenai tokoh Raja Mangatur yang selama ini dikenal sebagai leluhur dari Sitorus ,Sirait dan Butar-Butar.Dan Raja Mangarerak sebagai leluhur Manurung.Namun dilain pihak ada yang menulis bahwa Raja Mangarerak Mangaturlah leluhur Manurung dan Raja Mardopanglah leluhur Sitorus,Sirait dan Butar-Butar (versi Tarombo Raja Toga Manurung yang ada pada buku daftar warga PATAMBOR Jakarta Timur).Sewaktu saya SMP saya pernah membaca harian dari Medan yang memuat berita pesta tugu Raja Mangatur yang dikatakan sebagai ayah dari Raja Toga Manurung.Dikemudian hari saya menemukan bahwa ada tokoh yang bernama RAJA MANGATUR II MANURUNG,keturunan dari Raja Hutagurgur Manurung.Saya tersadar,kalau ada orang yang bernama atau bergelar Raja Mangatur II (kedua)berarti ada yang pertama.Saya sempat juga berdiskusi dengan teman2 bermarga Sitorus yang agak “kekeuh” untuk mempertahankan berdasarkan tugu Raja Nairasaon yang ada di Sibisa.Boleh2 saja,namun kita harus sadar bahwa tarombo2 yang dahulu bukanlah “harga mati”dalam meneruskan sejarah kita.Melalui pengkajian dan penemuan2 yang baru dalam sejarah dan silsilah kita,saya yakin kita akan semakin dilengkapi atau di”up date” sehingga kita tidak menjadi kaku akan hal2 baru dikemudian hari.Salah satu contoh mengenai pemakaian nama leluhur oleh keturunannya kelak,yang ada di tarombo kami.Nama Tuan Ria Sibatu Manurung,kelak akan dipakai lagi oleh pahompunya ,yaitu Tuan Ria Sibuntuon,gelar TUAN RIA lalu diikuti nama kampung asalnya.Kalau kita rajin membaca buku2 yang mengupas sejarah marga2 Batak,kita akan dibukakan bahwa pemakaian gelar leluhurnya sering diikuti oleh keturunannya,namun biasanya keturunan dari anak tertua(laki2).Lae saya rasa Lae bisa mengkopinya asalkan berkenan menulis alamat e-mail yang Lae punya.BTW..Di dia do hutamuna?…maksud niba na di Bona Pasogit an?…

      • martuabsirait berkata

        Mauliate ma Lae di angka informasi na ni lehon muna. Mansai arga situtu do
        angka dokumen na adong. Atik pe songon na di dok lae, belum tentu i sebagai
        kebenaran na sasintongna.

        Molo Emailhu: martuasir@gmail.com

        Tabe ja horas!

        Martua Sirait

    • Johnny Manurung berkata

      Horas,
      Santabi bolo ndang salah tulangku do Martua Sirait .anak ni ompungku Bupati sian Hatinggian ahu Johnny Manurung anggi ni abang Mangarerak Manurung. Mamaku br. Sirait sian Hatinggian boru ni ompung ompu Sohuturon maaf molo tung salah dengan e_mail sellek@plasa.com

      • Martua B Sirait berkata

        @ Johnny, wah bukan saya yang dimaksud Lae. Mungkin saja ada banyak Sirait yang bernama Martua. Tapi kalau ompung kampungnya di Lumban Sirait Gu, Parmaksian.
        @ Ch. Manurung, bagaimana lae? Bisa dikirimkan copy dokumen 1937 by email? Emailku: martuasir@gmail.com

  76. Horas ma dihita sudena pomparan ni Manurung.sebagai upaya mendukung Manurung si polin polin kami memberi discount 15 % untuk kost di AsterKost 1 dan 2 Jatiwaringin untuk Keluarga besar Patambor.
    Terima kasih
    Hj Sudartiek Manurung

  77. Sigop M. Tambunan berkata

    Horas ma di akka tulang niba.
    Mauliate ma di tulang panurat situs on. Marhite situs on gabe tamba parbinotoan taringot tu silsilah ni marga ni tulang i MANURUNG.
    Tikkos do na nidok ni tulang Bob Manurung namandok :”Salah satu marga yang lahir dari rahim boru Manurung adalah Tambunan. Leluhur marga ini bahkan terlahir di kampung halaman Manurung di daerah Sibisa. Fakta historis ini sudah menjelaskan dengan sendirinya, Manurung memang baik hati dan mengayomi bere atau keponakannya. Hal inilah yang membuat para sepupu Tambunan yang tergabung dalam rumpun marga Silahi Sabungan ikut menghormati Manurung sebagai Tulang”.
    Nungnga hupraktekhon sandiri i, dunghon huboto i dung sikkola SMU au di Medan. Alai andorang i dang huboto hian nangpe tubu jala magodang di huta ahu ima di Sigotom, Pangaribuan, Tapanuli Utara. Molo jumpa ahu dohot marga Manurung sai pintor hujou do tulang, jala akka tulang i namangantusi pintor dialusi do “amang boru”. On ma sada nahuhalashon, nilai-nilai kekerabatan nasongonon tong-tong boi diwarishon turun temurun sahat tu akka naparpudi on.

    Songon hata parpudi, taringot ahu di hata ni ompunta sijolo-jolo tubu, ia hata on namarharoroan do on di naung di jalo ni Tulang marga Manurung hasadaon, hagabeon, habisuhon songoni ma nian tong hami boru muna. Didok :
    MOLO TAMBOR BONANA
    RUGUN DO NANG PUNSUKNA
    MOLO HORAS JALA GABE HULA-HULANA
    SONGONI MA NANG BORU NA.

    Horas!

  78. chris manurung berkata

    Parhorasan ma dihita saluhutna! Salam kenal tu Amangboru nami Sigop M Tambunan.Las situtu do rohanghu manjaha nasinuratonmu. Ala i adong naporlu silurus on,mengenai komentar na mandok …”hal inilah yang membuat para sepupu Tambunan yang tergabung dalam rumpun marga Silahisabungan..dst”. Boasa gabe “sepupu” hamu nasaama ?..lebih tepat namarhaha – maranggi.Songoni ma jolo komentar sian ahu pribadi. Horas ma!

  79. Johnny Manurung berkata

    Horas di hita saluhutna, nadenggan ma tutu acara on Manurung si polin-polin naeng ma nian gabe tiruan disaluhut marga jala ingkon polin do antong saluhutna.

    Horas ma

    St. Johnny Manurung
    Banjarmasin

  80. Johnny Manurung berkata

    Horas Tuhan memberkati Punguan Manurung, Boru bere dohot ibebere naadong di luat portibi on

  81. Henry Togar Manurung berkata

    Horas….
    Mari kita kembangkan Punguan Manurung ke arah yang semakin Positif…
    Kita Buat dulu manurung yg jadi menter, bahkan presiden….
    Rap Martangiang ma hita asa sai diramoti Tuhanta ma hita Punguan Manurung on…
    Tuhan Memberkati…

    Henry Togar Manurung
    Bandung

  82. chris manurung berkata

    Horas! @Martua B Sirait.Mohon kesabaran Lae untuk menunggu.Saat ini dokumen tsb telah dan sedang menjadi pembahasan di pomparan ompung kami beberapa bulan belakangan ini alias dokumen tsb sedang kembali ke bona pasogit.Mudah2an bulan depan (Maret)saya sudah bisa mengirim copy dokumen tsb ke email Lae. Horas ma!

  83. hardi manurung berkata

    salam kenal abang2ku semua. hingga kini dlam tarombo manurung, kmi masih mencari kami ini manurung yg mana, tolonglah abang2 mgkin ada yang ingat dari opung kami Hipas Manurung dan Sodang Manurung dari Asahan, mungkin saja ada yang tau tarombonya, mohon bantuan abang2, hardy_8788@yahoo.com

    • Johnny Manurung berkata

      Horas jala gabe salut bagi yang ingin mengetahui tarombo dan bagi yang namanya orang batak hukumnya wajib mengetahui asal usul.Banyak saya tahu dongan tubu (semarga ) kita di asahan yang tidak tahu asal usulnya dan hal tersebut sangat disesalkan. Saran saya siapa keluarga yang lebih tua atau daerah asal (huta bona pasogit) itulah awal untuk menelusuri hal tesebut.

      Salam hangat dari Johnny Manurung di Banjarmasin Kalimantan selatan

    • Ray Gutafson Manurung berkata

      Salam sipolin-polin!
      Horas ma dihita saluhutna

      Salam kenal utk semua saudara2 ku, juga abang/adik/Bapa Uda Hardi Manurung.
      Nama saya Ray Gutafson Manurung, Lahir di Papua (Waa).
      Saat ini menetap di Bandung-Papua.

      Sesungguhnya saat ini banyak sekali generasi ‘muda’ Manurung yang tidak mengetahui Manurung mana dia sebenarnya. Apalagi yang sudah lahir diluar Sibisa/Porsea/Sibutuon dan sekitarnya.

      Sedikit pengalaman saya bagikan. Selama ini saya lebih merasa sebagai orang ‘Papua’ dibandingkan sebagai orang ‘Batak’. Mungkin karena lahir, hidup dan dibesarkan di Tanah Papua. Dan mungkin juga karena Ibu saya bukan asli orang Batak (Turunan China dari Siantar).Sampai2 sewaktu menikah pun, adat yang kami pakai Papua campur Batak..bahkan lebih dominan acara adat Papua nya.

      Dari kecil, cukup sering saya diajak orang tua mengunjungi opung kami di tana jawa (jawa tongah) tepatnya di kampung jangga dekat Siantar. Tapi, bulan lalu saya Bapak dan Mama bersama adik, dan anak saya pertama laki2 (Tabe Manurung) pergi ke Kampung di Tana Jawa. Pada kesempatan itu, saya bertanya kepada semua Keluarga dimana sebetulnya asal-usul kampung asli Manurung. Karena saya merasa sangat perlu mengetahui asal-usul kita. Terutama anak saya Tabe yang akan mewarisi generasi berikutnya dan tinggal jauh dari Tanah Batak, sangat perlu mengetahui apa dan bagaimana Batak itu. Ternyata bukan di Jangga/Porsea kampung asli kami. Namboruku bercerita bahwa kampung kita di Sibutuon. Maka besoknya kami pergi mencari Sibutuon sambil ingin bertarombo.

      LUAR BIASA!!!! Kampung kita sangat Indah BUKAN MAIN!!!!
      Sepanjang jalan yang saya lewati, Porsea, Sirait Uruk, Sibisa, terus sampai siborong-borong…. sangat Indah kawan!
      Disebelah kanan Danau Toba dan kiri Pegunungan…serta sawah disekelilingnya. Udaranya segar,dipinggir sawah sudah bersentuhan dengan pinggir Danau Toba… bahkan saya sempat menginap di Kampung kami Manurung Simanoroni -Turunan ke-4 (Raja Siarsam Manurung) yang ternyata sudah pindah dari Sibutuon ke Lobu Siregar. Di Rumah Namboruku (kawin dengan Amangboru kami marga Sitorus)kami mandi dengan air langsung keluar dari batu (mata air)…wah, singkatnya saya 100% jatuh cinta dengan tanah batak, tanah nenek moyang.

      Saya sarankan, utk saudara2ku all Manurung’s dimanapun berada… kalau memang belum pernah,pasti ada caranya sempatkanlah datang dan melihat kampung halaman, tanah tumpah darah nenek moyang kita.
      Selama ini saya hanya tahu bahwa kami adalah Manurung Manoroni (siapudan). Tapi setelah kemarin ke Sibutuon, kami mendengar sendiri dan melihat sendiri Tugu yang ada disana tentang Tarombo Manurung. Sambil juga bisa berkenalan dengan Keluarga2 kita yang sedarah begitu banyaknya dan begitu sopan dan manisnya adat Batak dalam menerima saudara mereka, bahkan dalam bertutur kata. Berbeda sekali dengan ‘budaya’ yang terbentuk di kota Medan yang kasar dan tidak ada sopan..yang sayangnya selama ini diidentikkan dengan budaya orang Batak.

      Sedikit yang dapat saya bagikan swaktu pulang ke Sibutuon.
      Bahwa kami ini adalah:
      - Manurung Simonoroni
      - Manurung Tuan Ria Sibuntuon (Br.Butar2/Br.Tampubolon)
      Punya 6 anak laki2:
      1.PU.RAJA MANURUNG – Br.TAMPUBOLON
      2.PU.PAKKE MANURUNG – Br.BUTAR2
      3.PU.LABAN MANURUNG – Br.SINAGA/Br.SAMOSIR
      4.PU.RAJA SIARSAM MANURUNG – Br.GULTOM
      5.PU.DATO ARIMO MANURUNG – Br.LBN.RAJA/Br.SIHOTANG
      6.PU.RAJA MARPIRIK MANURUNG – Br.BUTARBUTAR

      Kebetulan dari ke-6 anak diatas, kami adalah turunan dari No.4, Raja Siarsam Manurung dan berarti Marga Gultom adalah Tulang/Hula-hula nami.
      Dan kebetulan juga,adik saya yang nomor 4 laki2, menikah dengan Boru Gultom.
      Nama Opung kami adalah Garis Manurung menikah dengan Br.Sitorus.

      Karena pulang ke Kampung Sibutuon juga, kami jadi tahu bahwa semua turunan dari Raja Siarsam Manurung sudah tidak ada yang menetap di Sibutuoan karena beliau dulu pindah (sebab kepindahannya memang ada bbrpa cerita yang saya juga tidak berani ungkapkan disini karena takut salah) ke Lobu Siregar. Dan memang disana ada tugu dari Opung Raja Siarsam Manurung.

      Demikianlah sedikit pengalaman saya setelah kemarin kembali ‘napak tilas’ mencari tahu asal-usul orangtua/nenek moyang kita.
      Sangat bangga dengan daerah,budaya, adat istiadat, cara hidup, dan keberhasilan yang sudah begitu besar Tuhan berikan kepada kita orang2 Batak, khususnya semua Marga dan Boru Manurung.

      Demikian sedikit pengalaman,dan sekali lagi salam kenal utk semua saudaraku Manurung dimanapun berada.

      Tuhan memberkati.

      Ray Gutafson Manurung

      • chris manurung berkata

        Hasangapon ma di Debata,parhorasan ma dihita pangisi ni portibi on!

        @ Ray Gutafson Manurung.

        Salam kenal ampara,apa kabar?..Jujur saja,saya kaget dan terharu begitu membaca postinganmu.kau di Papua dan saya di Jakarta bertemu di sini.Tuani ma! Ampara saya salut akan kepekaanmu terhadap adat,tradisi dan budaya kita,khususnya pomparan ni Ompunta Raja Toga Manurung. Bagus sudah kau paparkan apa yang kau tahu tentang leluhurmu.Ternyata kita berdua tidak hanya nasaompu tapi juga nasapanganon. Memang benar ompunta Raja Siarsam dan ompung boru Dorma boru Gultom Tujuan Laut membuka huta di Lumban Tonga2,Hatinggian atau singkatnya Hatinggian.Namun perlu diketahui bahwa menurut salah satu natua-natua Manurung,Raja Siarsam meninggalkan Sibuntuon karena mencari adiknya Datu Arimo yang saat itu sedang berselisih dengan abang2nya. Dengan membawa ogung bolon,dia setia mencari adiknya sesuai pesan dari Tuan Ria Sibuntuon.Sampailah Raja Siarsam di Binanga Lom ,tepi danau Toba kira2 beberapa km dari Hatinggian.Katanya dari Binanga Lom tsb kita bisa memandang Onan Runggu yang ada di tepi Samosir.Dan ogung itu sampai sekarang masih tersimpan di rumah salah satu keturunan Raja Siarsam dari anak laki2 tertua, Raja Goraha. Dan benda tsb masih dikeramatkan. dan lagi katanya benda tsb akan memberi tanda jikalau ada hal2 buruk atau baik akan datang pada keturunan Raja Siarsam. FYI, di Jakarta dan sekitarnya ada sekitar lebih dari 140 KK keturunan Raja Siarsam anak, boru dan bere/ibebere yang tercatat dan aktif.Bulan Februari lalu Raja Siarsam baru saja melaksanakan Bona Taon dan Partangiangan.

        Ampara untuk memperjelaskan posisi kita,ada baiknya saya tambahkan siminik (anak2) dari Raja Siarsam dan Dorma br Gultom :

        1)Raja Goraha
        2)Raja Nasorta

        Kalau kami dari garis Raja Nasorta,yang juga memiliki enam orang anak laki2 dari dua tuan boru/ripe atau istri yaitu Boru Gultom dan Boru Situmorang Lumban Nahor dari Narumontak ,Porsea.

        Tubu ni Boru Gultom :

        1)Ompu Bulugok
        2)Ompu Jumpang Uluan
        3)Ompu Habinsaran
        4)Ompu Patane

        Tubu ni Boru Situmorang Lbn Nahor :

        5)Guru Mandobar,di sekitar area tugu Raja Siarsamlah mereka bermukim.
        6)Guru Solondungon,mangalap boru Sinaga boru ni Guru Balluk Sinaga sian Girsang. Guru Solondungon tinggal dan dimakamkan di Simananduk Dolok,yang juga huta dari ompung kami sendiri. Jadi dimanakah kita “bertemu” ampara??..Saya sengaja membagi ini untuk kau supaya ada gambaran bagaimana hubungan kita yang sesungguhnya. Baiklah ampara,nama bapak kita (ayah saya) adalah Agam Manurung mangalap boru Situmorang Lbn Nahor dari Huta Pasaran,Sirait,Pulo Samosir. Nama Ompung Doli adalah Barngat Manurung dan Ompung Boru bernama Roini boru Sitorus Boltok dari Huta Namora (gelar mereka Ompu Osti)Mungkin kalau pernah dengar Ir.Mangitua Manurung / br Lumban Tobing. Beliaulah yang pernah mengangkat nama Raja Siarsam di kalangan Manurung.Beliau sudah lebih dahulu menghadap Tuhan.Beliau pernah duduk sebagai Direktur Kacang-kacangan di Departemen Pertanian,semasa Departemen tsb dipimpin Bungaran Saragih.

        Oh ya ampara,..saya pernah membaca artikel pesta perkawinan di sebuah tabloid wedding??.. beberapa tahun lalu. Begitu melihat namamu dan Papua,ingatan saya kembali kewaktu lalu.Benar yang kau katakan tentang dirimu. Kami mlihat beberapa gambar,salah satunya pada saat prosesi “bakar batu”??..Lebih kaget lagi ternyata manurung yang kawin dan punya pesta..Okehhlah kalo begitu (Warteg Boys)..saya cukupkan dulu sambutan dan sampaikan salam hangat untuk keluarga dan keluarga besar Manurung yang ada di Papua. Kami tunggu tanggapanmu ampara,..and..keep in touch..Horas,horas,horas!!!…

      • Ray Gutafson Manurung berkata

        Luar biasa! Horas saudaraku!
        Senang sekali mendengar tanggapan dan ternyata kita satu garis dari Raja Siarsam Manurung.

        Ampara ini email addressku: gutafson@gmail.com,kalau boleh kirim email karena aku ingin sekali mengetahui lebih dalam tentang asal-usul keluarga kita.
        Apakah kami ini dari turunan Raja Goraha, atau Raja Nasorta.
        Dan juga kapan perkumpulan Keluarga Manurung turunan Raja Siarsam bekumpul, aku ingin bisa ikut hadir.

        Sedikit informasi, nama Ompung Doli Garis Manurung, dan Ompung Boru Samaria Br.Sitorus. Nama Bapak kita Amir D.Manurung. Dan saat ini Ompung kami sudah meniggal dunia,dan dikubur di Jangga (Tana jawa/Jawa Tonga).

        Mengenai artikel pernikahan bakar batu, betul itu pernikahan ku Ampara tahun 2003 dilaksanakan di Bandung.
        Kebetulan tahun lalu Juli 2009, adikku yang nomor 4 (Randi Manurung) menikah dengan Br.Gultom juga mengadakan pesta yang kurang lebih sama. Perpaduan adat Batak dan Papua (Tarian Batak + Mangulosi + bakar batu dan laki2 koteka juga).

        Terimakasih banyak Ampara utk tanggapan dan penjelasan2 nya.
        Semoga kita bisa bertemu di waktu yang tepat.

        Horas!

        Salam hormat utk seluruh Manurung all over the world!

        Ray Manurung

  84. Dongan Manurung Parjanjimatogu berkata

    Horas……….

    Manurung Sipolin-polin

    Au dang habis marpingkiri sada pe marga manurung dang adong mancalonhon naeng bupati manang wakil bupati tobasa. Hape parningotanghu di tingki sodapot dope Pilkada Tobasa tung adong do piga marga manurung nanaeng mancalonhon jadi bupati manang wakil bupati Tobasa. Dung dapot Tingkina Pilkda sadape marga manurung dang adong calon di antara lima calon i apalanian wakil hian pe. Boasa Ate? Molo di etong-etong godang ni marga manurung di Tobasa di tamba berena marga tambunan dohot sianturi boi do hurasa monang. Apalagi songon nani didok artikel na tabahason MANURUNG SIPOLIN-POLIN.

    Horas….. mudah-mudahan di taon-taon nanaeng ro adong marga manurung tarjou rohana laho mambangun hutana.

    • jOHNNY MANURUNG berkata

      Sapandapot do ahu dohot hamuna alai unang pesimis hita ate songon perkenalan ahu manurung sian Dolok Nagodang domisili saonari di Banjarmasin horas ma dihita saluhutna

  85. Chris Manurung berkata

    Horas !

    @ Ray Gutafson Manurung

    Ampara terimakasih atas balasan dan tanggapanmu.Mengenai bertukar pikiran tentang keluarga besar Raja Siarsam melalui email saya anggap sebagai saran yang baik,namun akan lebih baik lagi jika bertukar pikiran di forum ini saja alias terbuka,sehingga seluruh keluarga besar Raja Siasam Manurung yang lain pun diharapkan dapat mengetahui dan turut berpartisapasi. Bahkan tidak hanya untuk Pomparan ni Raja Siarsam Manurung,mungkin untuk Pomparan ni Tuan Ria Sibuntuon Manurung,dan Pomparan Raja Simanoroni Manurung,dan juga akhirnya seluruh Pomparan Raja Toga Manurung dimana saja berada. Salam dan hormat dari kami,Tuhan memberkati.

    Keluarga Ch.P Manurung / H.L br Sibarani ( Ama/Nai Renato )

  86. splog service berkata

    I am haivng a dfficulttije readfnig mn4urung.wordpress.com in Firefxo 7.4, just thokughht I mighgt let you know!

  87. jhon Manurung ( paman ) berkata

    Horas buat semua dongan tubu yang ada di bona pasogit dan pengaratoan..

    Buat saudaraku Dongan, bagaimana mau maju orang kita sesama manurung tidak kompak yang ada malah mendukung calon lain alani ” Ma si Hepeng na Humisik ” jual idealisme marga. Padahal yang didukung malah keok. Makanya tahun 2015 bersatulah kita Manurung baik, finansial, pikiran sumbangan moril dan action agar menang Manurung nantinya.

    Ok kita siaplah jadi tim nantinya.Untuk komunikasi kita, kunjungi;

    http://www.mediatogamabekasi.blogspot.com
    http://www.mediapatambor1378.wordpress.com
    jw_manurung@yahoo.co.id

    • mangarerak manurung berkata

      Horas!

      Betul sekali kawan,..sedih rasanya kita Manurung ini tidak kompak. Pasti ada yang salah dalam kekerabatan dan persaudaraan kita selama ini.Aku baca ada disalah satu media ada sekitar ratusan orang dari pomparan Raja Toga Manurung di Uluan yang akan mendukung calon bupati dari marga lain.Ada apa dengan kita ini???…

    • dongan manurung berkata

      Buat saudaraku marga manurung khususnya Jhon Manurung dan Mangarerak Manurung.

      Saya juga sangat sedih saudaraku. Untuk itu mari kita tinggalkan BUDAYA saling menjatuhkan khususnya sesama marga MANURUNG.
      Kalau bukan kita yang membesarkan marga MANURUNG, jadi siapa lagi?
      Ayo saling mendukung satu sama lain songon “SUHAT DI ROBEAN” biar marga MANURUNG disengani marga lain.

      Saya juga berharap MARGA MANURUNG yang ada diperantauan khususnya yang memiliki kompetensi, dedikasi dan tanggungjawab moral untuk berani mencalonkan dirinya menjadi kepala daerah.

      Saya yakin MANURUNG pasti menang sesuai dengan topik bahasan ini “MANURUNG SIPOLIN-POLIN”

      JAYA MANURUNG……..

      HORAS……

      HORAS……

      HORAS……

  88. William Manurung berkata

    HORAS!!!!

    namaku William Manurung
    Manurung hutagaol.

    kampungku di porsea kalo dari arah medan mau ke Balige ketemu sungai asahan (ada jembatan yang besar) belok kiri. ketemu pertigaan aku belok kiri lagi,kalo belok kanan kampung mama.Mama boru Napitupulu.

    aku besar di jakarta…jadi maaf tidak bisa bahasa Batak.

    kalo ada yang mau liat silsilah(tarombo) marga manurung & marga2 batak lainnya aku punya, atau kirim alamat aja kalo sempet kukirim nanti.

    tarombo itu Opung yang buat (prof. Drs. D. Manurung), guru besar dulu di UNIMED

    HORAS

    • jOHNNY MANURUNG berkata

      MARSIAJAR HO POANG HATA BATAK HARUS BISA BARU 100% HALAK BATAK

      • Johan Manurung berkata

        Bisa atau tidak bisa,yang namanya BATAK ya tetap lahir dari keturunan batak,tidak ada korelasi antara bisa/tidak bahasa Batak dengan 100% halak batak,statement spt ini yang bisa menyesatkan,terus terang,saya tidak begitu bisa bahasa batak (pasive),bukan berarti saya tidak “HALAK BATAK”,,,,,,,,,,saya rasa “HALAK BATAK” disini mempunyai tendensi yang mempunyai “MENTAL BATAK”, saya rasa itu lebih penting ketimbang bahasa BATAK itu sendiri……………”HORAS”

    • Marudut Manurung berkata

      Horas Tondi Madingin Pir Tondi Matogu!
      Tung apar las rohaku molo boi adong dapot informasi tarombo Manurung. Sian nasai laon lulu-lulu roha mangalului Tarombo. Arop situtu marbalos pangidoan na tung ringkot on.
      Mauliate. Tabe ma jala Horas.

    • Denly Ferdinan Manurung berkata

      HORAS

      Namaku Denly F Manurung

      Manurung Hutagurgur
      dari op. ni unggul

      ini alamat emailku :
      denlyfm@yahoo.com

      tolonglah kirimkan tarombo tersebut.
      Terima kasih.
      HORAS …

  89. Juru berkata

    Horas ma di hita saluhut…

    Mangido takkasan tu hita saluhut na boi mangalehon tarombo ni Opputta si Huta Gur gur, jala akka ise ma da oppungon On?
    Ise do: Oppu (Banua Luhung – Torpa ni Ajji – Patu Porhas – Par Pinggol Lobi – Lobi?)

    Di turunan papigahon do molo sian Raja Nairasaon, ima:
    Oppu Raja na ualu,Patubamban,Oppu ni Unggul,Raja si Jambang,Tuan sogar,Sompa Oloan Raja Humuttor, Siboru mapuan (Ibotona na muli tu Manik Parbaba di si Polha)

    Mauliate,

    Horas tondi madingin Pir tondi ma togu

  90. jOHNNY MANURUNG berkata

    DENGGAN MAI SUDE ALAI NAPORLU DIHITA POMPARAN NI OMPUTTA INGKON MARSITUNGKOL-TUNGKOLAN SONGON SUHAT DI ROBEAN ASA TARIDA MANNURUNG SIPOLIN-POLIN. SONGON ANGKA DONGAN SIAN MARGA NAASING JALA TAPADAO ANGKA NAMASIHOSOMAN DOHOT NEGATIVE THINKING

  91. jOHNNY MANURUNG berkata

    TUAK DI GARUNG-GARUNG SIINUMON DIPARTADAAN JALA MANURUNG INGKON DO MARSADA SETUJU YA

  92. jabon berkata

    mampir nich BOSS……..

  93. MangaraT.Manurung berkata

    Hita SaluhutNa Pomparan ni Ompunta na adong di Parserahan ingkon barani manggotaphon angka parbolat bolatan nadong na jolo, yang mungkin terasa sahat tu partingkian on ala ni angka “HOTEL” na mansai timbo,tatiop ma gomos hasi polinpolinon ni Manurung i, mardame marsada ni roha ma hita sude Pomparan ni Ompunta, asa dapotan hita angka Pasupasu sian Tuhanta.
    Honas ni Soposurung
    Mansaiarga gadison tu onan,
    Horas ma hita Luhut Pomparan ni Raja Toga Manurung,
    Dapotan Pasupasu sian Tuhan.

    Mauliate mardongan Tangiang.

  94. jOHNNY MANURUNG berkata

    Emma tutu songon namanis do ba umpasa ni honas i, honas nasian htaan do haroa anggia ate, He he he he

  95. W.MANURUNG berkata

    Horass jala Gabe…
    tu saluhut dongan Tubu
    didia pe maringanan.

    Syaloom..dan salam kenal,
    Manurung sian Motung

    Mauliate tu blog Manurung United…. sai anggiat ma lam tugodang na di ulas/bahas, asa adong di komentari angka dongan, asa sombu dohot sihol gabe tamba parbinotoan taringot tu ruhut-ruhut ni habatahon .

    Alai Fuuaang .. lungun do rohakku,songoni godang komentar i dison, pola do sampe mar nomor 94, laos soadong na mambahas Manurung Sibitongai, Songoni nang na mangkomentari, ai tudia be do ate? sibitongai!na mar”LENG” do huroa ate ?.
    Aah..tahe.. Tambai majolo Tuak mi, asa marnonang hita.

    Sattabi majolo..ate!

    Manurung Motung

  96. Marudut Manurung berkata

    Horas di hamuna saluhutna.
    Molo boi urupi hamu jo ahu di Tarombo Manurung.
    Ala mansai ringkot adong sitiopon, jala molo boi adong pajangon di jabu, jala boi parsiajaran tarombo i.
    Mauliate.

  97. MangaraT.Manurung berkata

    Horasma di hita saluhut Pomparan ni Ompunta Toga Manurung di liat portibion, adong nanaeng si sungkunonku tuhita saluhutna. Hea do ahu pajumpang dohot marga Aritonang sian Muara. didok nasida Manurung BonaniAri nasida sian ginjang, jala di pangido tu ahu ise do namborunta namamupus nasida, naian nunga hea hubege arbisna najolo taringo tusi, alai ndang apala boi tangkas hu patorang tu nasida, jadi molo tung adong sian hita namamboto turiturian i, asa tolong hamu jolo dipatorang. Mauliate, Horas Tuhanta ma namamasumasu,

  98. Warner Manurung berkata

    Horas ma di hita saluhutna..

    Dung manaripari sude pandapotni akka Bapak-bapak, Abang, dohot sude akka namambahen pandapotna di situs on, mandok mauliate ma iba tu Tuhan i siala dilehon kesempatan tu hita saluhutna laho menelusuri silsilah MARGA MANURUNG na sasittongna. Alai sebagian besar nahujaha dison malah mambahen au bingung, songon diado sabotulna partaromboan ni MANURUNG natikkos.
    Adong muse manurung namarnomor, songon dia muse maksud ni i? alana natua-tua i pe mandok dang mamakke nomor molo manurung. Jala godang dope sipatumpolonta mangakkupi akka nahurang lobi natabahen dison.

    Alana au sandiri dang huboto dope habonaron ni i sude. Mangido tolong ma jo iba tu akka Bapatua, Bapauda, Abang dohot saluhutna, makkirim silsilah nasebenarna tu email hu : (warnermanru@gmail.com)
    Mauliate godang ma parjolo pinasahat tu hamu. Sai diramoti Tuhan i ma saluhutna hita pomparan ni Manurung. HORAS….HORAS….HORAS….!!!

  99. BONA MARULITUA MANURUNG berkata

    Horas ma dihita saluhut pomparan ni RAJA MANURUNG,
    manurung sipolin-polin, sisada anak sisada boru.

    Au manurung hutagurgur sian dolok nagodang, alai nungnga magodang di langkat.
    pangidoan nami sian naposo muna,ajari hamu natua2 nami hami taringot tarombo ni habatahon alana nungnga lam godang naso umboto tarombo na, tarlumobi na di pangarattoan.
    horasssssss……. Bravo manurung….

  100. frans manurung berkata

    ” Horas Madi Hita Saluhutna ”

    Au Manurung hutagurgur sian janjimatogu, naeng manukkun majolo au tu bapa tua/uda, abang/anggi niba, atik adong namamboto. Boha do partuturan Manurung tu Simamora?

  101. frans manurung berkata

    ” Horas Madi Hita Saluhutna ”

    Au Manurung hutagurgur sian janjimatogu, naeng manukkun majolo au tu bapa tua/uda, abang/anggi niba, atik adong namamboto. Boha do partuturan Manurung tu Simamora?

    Horas………………………………………………
    Semoga sukses buat Manurung United

    • Rizal Manurung berkata

      Horas di Appara Frans !

      On saotik nabinoto tarsingot Simamora : Molo manurung tu Simamora namarpadando, jadi manjou anggido Manurung tu Simamora, khususna Simamora Debata Raja.
      Molo hupaganjang mabiar iba gabe salah. Hea memang natua-tua marcerita alai dang pala takkasbe niingot.
      Jadi ido tutu tu akka Bapaniba, haha dohot angginiba molo diboto hamu detailna asa paboa hamu. asa akka nadenggan i unang gabe lupa.

      Songoni nuaeng manukkun majo iba songon dia do Manurung tu marga Tamba. Ai piga-piga marga Tamba molo jumpang sai Abang do di jou tu iba.
      Bohado cerita ni i?

  102. charles manurung berkata

    horas saluhutna poang di hamu oppung , bapa ,abang ,anggi dan appara
    manurung sipolin polin sekarang sepetinya hanya ungkapan aja krn sekarang manurung sudah bikin persatuan ma oppu tapi memang msh dipersatukan di toga manurung, songon au tinggal di bandung nga mar oppu sonari di bahen arisanna on ma annon na mambahen mago manurung si polin polin songon ,Manurung sipolin-polin. Manurung satu warna, itulah terjemahan bebas istilah bahasa Batak kuno ini. Sebuah wasiat suci yang diwariskan turun-temurun, agar setiap marga Manurung menjaga kesatuan dan solidaritas Manurung untuk selamanya. klu boleh sih arisan jangan di buat par ompu oppu tapi per wilayah itu yg bisa membuat manurung sipolin2 tetap terjaga

    charles manurung manurung sian lbn .tolong porsea

  103. saya cuma bisa bilang kalau saya semakin bangga dengan margaku ini dan setelah membaca semua yang ada di sini aqku baru menyadari betapa kuatnya Marga Manurung itu….

    Horas……!!

  104. jhonny berkata

    Horas ma di hita saluhut na.
    Jaya selalu Manurung United.

  105. muhaimin berkata

    saya bukan berasal dari etnis batak…tpi saya cukup kagum dengan silsilah dan kebanggaan orang batak atas marganya.bahkan orang batak yang sudah merantau sampai keluar negeri tak pernah lupa akan marganya….salut untuk semua warga masyarakat batak yang ada di seluruh dunia.horas……

  106. Rizal Manurung berkata

    Horas Manurung sedunia !
    Di hamu sude akka nasamudar pinomparni Oppung Nabolon RAJA MANURUNG, Horassss!

    Au Manurung hutagurgur, pinomparni oppu niunggul. Hutani da oppung di Sionggang. Molo hatubuan di tano parserakan tano Deli (Tebing Tinggi) Molo tinggalnami di Medan .

    Apala tung mancai balga situtu lasni rohangku dungkon hujumpang jala hujaha MANURUNG UNITED on. Tamba parbinotoan taringot dimarganiba.Suang songoni partuturon tu marga na asing. Holan sian goarnape nungnga tung mancai universal jala keren (songoi nidoknini akka siboto surat) dang dope muatanna, kaya akan ilmu paradaton. Tungpe adong pendapat naberbeda. Ido tandana pinomparni MANURUNG akka namalo jala kritis. Alai unangma attong gabe maribak akka nadenggan nasinulamni opputta, taingotma MANURUNG SIPOLIN-POLIN.
    Horas!

    Onma perkelnalan sian :
    Rizal Manurung
    Medan

    • Harmon B Manurung berkata

      Horas ma puang,au pe tong do pomparan ni Opg ta Op.Niunggul,na jlsna sian Sionggang dolok,alai anggo huta ni bapa di huta Timbaan Maligastongah,Tanah Jawa,sonari au tinggal di Bagan Batu. Jadi pangidoanku patorang majo muse ttg oppg ta,asa habotoan manang ise do hita,ate appara. maulite..horas

  107. kalo BEGITU TERUSKAN teruskan perjuangan kita sebagai marga MANURUNG..

    OK DONGAN KU…..

  108. Fater Manurung berkata

    Horas Manurung si polin-polin.

  109. Fater Manurung berkata

    Horas ma di hita Manurung si polin-polin

  110. Hamonangan Manurung berkata

    horas dihita sude angka dongan tubu hu manurung sipolin-polin.Bapatua, Bapauda. parjolo sahali hu patandahon ma jo diri hu ate..alai mungkin ra adong do di angka haha, anggi niba na so pola di antusi marbahasa batak. hu bahasa indonesia hon ma ake, he,,he,,

    salam kenal, horas mnurung.

    kalo dilihat dari marga lain memang ada kebanggaan tersendiri jadi marga manurung, namun ada kekurangan kita yang perlu segera kita perbaiki. NKRI telah ada selama 66 thn tapi apa sudah ada dari kita ini yang pantas untuk masuk sejarah NKRI, (maksud saya pejabat teras negara) padahal kita ini marga yang besar lho??. untuk duduk jadi bupati di tobasa saja kita susah untuk menyatukan suara, apalagi mau duduk di DPR RI. Padahal warga manurung itu banyak loh. kalau dananya kurang buat kampanye kan bisa kita bantu dari kumpulan kita manurung sipolon-polin. asalkan orang yang kita calonkan memang ada kemampuan untuk memimpin, saya kira tak salah bila kita ikut membantu dalam hal biaya kampanye dengan cara buat take an less.

    Sudah saatnya buat kita untuk memikirkan hal ini, buat manurung yang sukses jangan lupa lah untuk membantu abang, adek kan kita
    ” manurung sipolin-polin”, haruslah saling membantu. Demikianlah salam perkenalan dari saya.

    regards
    Hamonangan Manurung Hutagurgur, asal jangga Dolok, ( tarombo na hu boto) Ia au : pinompar ni Guru pangajian, Op Bona Huta.
    bila ada tarombo yang lain mengenai hutagurgur tolong di konfirmasi.

    • crazer anju nx Rbc berkata

      horas tulang au sihombing omak ku do boru manurung jadi hamuna sude manurung tulangku dohot oppung ku…
      mauliate di hita sude..imanuel amen…!!

  111. Holdex Junier Rinaldo Manurung berkata

    Horasss….salam kenal buat semuannya. Tuhan memberkati

  112. Raja Sulung Manurung berkata

    Horas ……..
    Mohon Info nya :
    Dua Anak yang hilang
    Manurung hutagurgur anaknya gurupangajian dari batu naknak janga dolok
    sebagian ada yg tinggal di tanjung morawa deli serdang.
    Silsilahnya:
    Alm.Abdul Aziz Manurung Punya dua anak
    1.Almr.Chaidir Aziz Manurung Punya Sebelas anak
    *Raja Sulung Manurung dst
    2.ALm.Anwar Aziz Manurung Punya Lima anak
    *Arief Rahman Manurung dst

    Mohon Bantuannya ………buat manurung semua.

    • hamonangan manurung berkata

      coba hubungi patambor deli serdang,, ato punguan manurung bona huta deliserdang,, mungkin apra bisa dapat penjelasan.

      pomparan guru pangajian sian jangga dolok

  113. Atenten manurung bandung berkata,sude hita mandok manurung sipoli polin,silulu sada anak,silulu sada boru.alai molo silulu sada anak silulu sada boru,dang holan di manurung i ,sude do nasa marga batak. Alai molo sipolin polin holan dimarga manurung do.jadi boasa dang di artihon secara jelas.MANURUNG SIPOLIN POLIN.Ima torsa,manang tona ni Raja Toga manurung tu pomparan i,asa POLIN.aha do arti polin? Palin ima : pita mai molo di boras,molo pita ima : dang boi di bedahon satu sama lain.mar sai uli do torsa ni ompui laho pasadahon pomparan i.tolu do omput ta ,mar haha mar anggi :1 Raja huta gur gur .Raja huta gaol (sibitonga) Raja SI Manoroni(si ampudan) anak hasini.Hata na soboi DOHONON,Anggi doli Raja siampudan tubu ni na pulik ina.jadi ingkon :POLIN,ingkon pita, dang boi di beda beda hon.manang ise na mangalaosi torsa i.arti na mangalaosi tona ni RAJA TOGA MANURUNG.

  114. Mauliate appara william manurung. Saya.atentenmanurung.hutagaol.saya salah satu yg paling butuh tarobo manurung hutagaol tolong kirim ke alamat: atenten manurung jln. RAYA BANJARAN PERUM TIRTA REGEGENCY BLOK G,NO. 20 kab BANDUNG.Mauliate.

  115. Horas william manurung .au atentenmanurung sibitonga tolong kirim tarombn horas.081 320604055.

  116. Ama Rotua Sihombing berkata

    Sattabi di hamu amang rajanami, molo boi manungkun boasa adong turi-turian Sigomak Hare di marga Manurung, molo adong na boi paboahon mauliate. ( Pemerhati turi-turian Batak )

    • Wilson Manurung berkata

      Horas ma di Ama Rotua Sihombing,

      Molo na huboto tarsongonon do, adong ma partiga tiga hare tingki i, jala godang do panuhor, termasuk ma disi adong sada boru manurung nanaeng manuhor, ala na so sabar paittehon giliranna, langsung ma di gomakkon hare i sian panghareanna, hape panghareanna on di ginjang ni api do dibahen. laos sian i ma bonsir ni hata na mandok ” Boru Manurung Sigomak Hare”.

      Alai on versi nahubege do najolo, atik adong versi na asing sian haha anggi hu.

      “MANURUNG SIPOLIN POLIN SI SADA ANAK SISADA BORU, Sauduran tu Dolok Sauduran tu Toruan”

  117. Tangomike berkata

    salam kenal buat Sude hula hula niba naadong di luhat portibion, semoga Manurung United semakin jaya slalu……hami pamoruon muna sian perbatasan utara indonesia ( Kabupaten Natuna )….. >>>>SANGGIRGIR MA DITOBING SILANTOM DI TAPIAN
    ———————————————————————————MANANG DIDIA PE HAMU POMPARAN MANURUNG UNITED
    ———————————————————————————DISI MA HAMU GABE HORAS HUHUT DAPOT PARSAULIAN………HORAS.<<

  118. adi manurung berkata

    mantap. i like’d…
    horas manurung, gabe mahita saluhutna….!!!

  119. Albatros berkata

    Cuma semboyan nya aja sipolin-polin, tp nyata nya manurung tdk pernah polin

  120. Pangeran Manurung berkata

    Horas ma di hita saluhutna

  121. Ervan Yanseen Manurung berkata

    molo adong di hamu tarombo ni PU DATU HARIMO MANURUNG/Br.SIHOTANG tolong dikirim ke postingan ini mauliate ma dihamu dari ERVAN YANSEN MANURUNG di Tulungagung, Jawa Timur.

  122. m.manurun berkata

    manurung ok…tingkatkan kualitas manurung

  123. gugun renta irwan manurung berkata

    horas…… manurung menyapa dunia, saya bangga dengan manurung. toga manurung selalu bersatu. saya pomparan dari ompu raja pangombusan,,,, horas….horas….horas.

  124. Johnny manurung berkata

    Toho doi ampara ndang adong labana paburngang diri

  125. Guntur manurung berkata

    Guntur Manurung berkata.

    Horas…. ma dihita sude, ingin lebih jelas lagi pomparan oppu ni unggul

  126. Jacquelyn berkata

    I actually tend to go along with all the stuff that
    is composed throughout “Manurung United menyapa dunia : Horas!
    Manurung United”. Thanks for all the advice.

    Thanks,Sabine

  127. Sianturi Simataniari berkata

    Horas jala gabe ma dihamu sude tulang nami pomparan ni raja Manurung.

    Molo adong nian boru mu nai tulang :D

  128. Harlen Manurung berkata

    Apala toho do bah taringot karakter tentang iboto niba. 5 namboru niba plus 3 iboto niba apala fotokopy ma. wakakakaka
    Akka sibarbar losung ma sude…. alai apala burju ma ito.

  129. hotber manurung berkata

    HORAS DI HITA KELUARGA BESAR TOGA MANURUNG BORU BERE IBEBERE DIMANAPUN KITA BERADA, KIRANYA KITA SELALU BERADA DALAM DAMAI DAN TUHAN MEMBERKATI KITA SEMUA. SUKSES BUAT SEMUA HORAS………S

  130. Rena laspita manurung berkata

    Makasih buat info’a..
    Jadi tau tentang silsilah manurung..

  131. Rena laspita manurung berkata

    Terimakasih buat infonya..
    Bermanfaat bgt.. :)

  132. demson manurung berkata

    Horas dihita saluhutna..! Saya Butuh bantuan dari kita semua Manurung, kalau ada yang tau ada boru kita yang menikah dengan marga nainggolan Lumbansiantar. saya minta tolong kebetulan adong dongan marga lumbansiantar, nasida lagi mangalului bonaniari nasida. apakah boru kita itu dari keturunan manurung Hutagurgur, atau manurung Hutagaol atau manurung Simanoroni. memang sadado hita manurung, alai songon nidok ni situatua najolo martampukdo bulung marbona sakkalan. molo adongdo hamu amongnami, abang nami manang angginami mamamboto silsilahi, minta tolong hami informasina. Mauliate parjolo

  133. horas di akka abang khu manurung.molo au manurung si manoroni..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: